ENDAPAN GREISEN

Semoga bermanfaat,,,,,

PENGERTIAN


Greisen didefinisikan sebagai suatu agregat granoblastik kuarsa dan muscovit (atau lepidolit) dengan mineral aksesoris antara lain topaz, tourmalin dan flourite yang dibentuk oleh post-magmatik alterasi metasomatik dari granit (Best, 1982; Stemprok, 1987).

Endapan greisen merupakan salah satu tipe endapan yang penting untuk Timah (Sn) dan Tungsten (W).
Baca juga : Penjelasan Endapan Skarn

GENESA

  1. Terbentuk pada kontak bagian atas antara intrusi granit, kadang-kadang muncul berupa stockwork.
  2. Mineralisasi muncul secara irregular (tidak beraturan) yang terkonsentrasi pada sekitar zona kontak.
  3. Host rock menunjukkan komposisi granitik dan berkembang sampai kedalaman 10-100 m sebelum bergradasi menuju zona alterasi feldspatik (albitization-microclinization) dan batuan granit (fresh granite).
  4. Fluida pegmatitik sering migrasi pada bagian atas intrusi dan kadang-kadang mengisi sebagai intrusi-intrusi di sepanjang batas tubuh greisen.
  5. Endapan timah greisen kemungkinan terbentuk pada bagian atas suatu pluton granit yang kontak dengan batuan yang impermeable sehingga terakumulasi mineral-mineral sebagai produk dari kristalisasi awal.

Letak Endapan Greisen
Gambar : Letak Endapan Greissen

MODEL GENETIK

Endapan vein terdiri dari komplek fissure filling atau replacement urat-urat kuarsa.
Dapat berupa urat tunggal, sistem urat dan stockwork.
Ore Mineral utama : Huebnerite-Ferberite series (FeMnWO4) dan Cassiterite (SnO2).

Model Genetik Endapan Greisen
Gambar : Model Genetik Endapan

HOST ROCK DAN DIMENSI


Endapan timah dan tungsten ini secara spasial berasosiasi dengan granitic plutonic rocks. Pada umumnya tungsten terdapat dalam urat-urat kuarsa yang mengandung wolframite dengan endapan yang bervariasi pada 0,1 s/d 10-an juta ton dengan kadar bijih WO3 0,4 s/d 1,6 %.

Timah pada vein type bervariasi pada 0,1 s/d 10-an juta ton dengan kadar bijih 0,5 s/d 2,5% timah. Sedangkan pada greissen type bervariasi pada 0,8 s/d 70-an juta ton dengan kadar 0,2 s/d 0,5% timah. Endapan yang berupa urat biasanya ditambang secara individual. Sedangkan yang berupa stockwork biasanya akan ditambang secara bulk.
Baca juga : Penjelasan Endapan Pegmatitik

LINGKUNGAN PENGENDAPAN


Mineral bijih timah utama Cassiterite (SnO2) adalah mineral - mineral yang relative tahan terhadap pelapukan kimia dan fisika, sehingga dapat tertransportasi dalam jarak yang jauh dari sumbernya, dan kemudian terkonsentrasi dalam sungai, pantai atau laut sebagai placer deposit.

Mineral bijih tungsten utama seperti Wolframite series (FeMnWO4) dan Scheelite (CaWO4) adalah mineral-mineral yang relative tahan terhadap pelapukan kimia, tetapi relatif kurang tahan terhadap pelapukan fisika (brittle dan mudah pecah menjadi partikel yang halus) sehingga endapan sekunder tungsten ini biasanya terkosentrasi dekat dengan sumbernya.


Referensi
Anthony M. Evans., Ore geology and Industrial Minerals (An Introduction)., 1994
Charles S. Hutchinson., Economic Deposits and Their Tectonic Setting., 1987
John M. Guilbert and Charles F. Park Jr., ORE DEPOSIT., 1986
Advertisement
loading...
BERIKAN KOMENTAR ()