GEOLOGI LEMBAR KARIMATA, KALIMANTAN

STRATIGRAFI

Berikut tatanan stratigrafi lembar Karimata, Kalimantan
Qa ALUVIUM DAN ENDAPAN RAWA; terdiri atas kerikil, pasir, lanau, lumpur dan gambut. Merupakan endapan dataran alluvial dan pasang surut pantai. Satuan ini terdapat di pulau Maya dan bagian barat pulau Karimata.

Tos BATUPASIR SERUTU; terdiri atas batupasir dengan sisipan batubara setebal beberapa millimeter. Batupasir berwarna putih – merah kecoklatan, berbutir halus dan tidak mengandung fosil. Batupasir ini dapat dikorelasikan dengan Plateau Sandstone di cekungan Melawi, Kalimantan barat (van Es, 1918) atau batupasir Sekayam yang berumur Oligosen (William & Heryanto, 1986). Satuan ini diendapkan di lingkungan fluvial.

Kus GRANIT SUKADANA; terdiri atas granit biotit, diorite, diorite kuarsa dan granodiorite. Granit biotit berwarna kelabu, berbutir kasar dan mengandung turmalin, tersingkap luas di kepulauan Karimata dan pulau Lintang. Granit ini menerobos dan secara thermal memalihkan batuan malihan Pinoh. Batuan ini dikorelasikan dengan granit Sukadana di lembar Ketapang yang berumur Kapur Atas (de Keyser & Rustandi, 1993).

PzTR BATUAN MALIHAN PINOH; terdiri atas hornfels dan batupasir kuarsit. Hornfels mengandung mineral plagioklas, klorit epidot, garnet, turmalin dan malachite. Batupasir kuarsit berwarna kelabu tua, rekristalisasi, mengandung anorthit, kaya akan turmalin, gneiss, garnet dan epidot. Batuan malihan ini dapat ditemukan di pantai barat tanjung Dungu, Kalong dan Teluk Lising. Di lembar Ketapang satuan ini diterobos dan termalihkan secara thermal oleh Granit Sukadana. Umurnya dikorelasikan dengan batuan malihan berderajat rendah di lembar Sanggau yaitu Trias Akhir (de Keyser & Rustandi, 1993).
Satuan Peta Geologi Lembar Karimata, Kalimantan
Gambar : Korelasi Satuan Peta Geologi Lembar Karimata, Kalimantan

STRUKTUR DAN TEKTONIKA

Unsur struktur yang dapat diamati pada lembar Karimata adalah kelurusan yang berarah utara – selatan dan timurlaut – baratdaya. Kelurusan terdapat di batuan beku ditaksirkan sebagai sesar, retakan atau kekar. Sedangkan yang terdapat di batuan malihan sesar atau sumbu lipatan. Berdasarkan analisa regional, gaya tekan utama di daerah ini kemungkinan berarah baratlaut – tenggara yang mengakibatkan seluruh batuan pra-Tersier dan Tersier terlipatkan dan tersesarkan pada Kala Miosen.

SUMBERDAYA MINERAL

Sumberdaya mineral yang terdapat di daerah ini terdiri dari malachite, obsidian, kuarsit, emas dan perak. Malachite terdapat di tanjung Bijang dan teluk Endah. Obsidian terdapat di pulau Papan. Kuarsit terdapat di gunung Limas. Di tengah – tengah pantai barat pulau Pelapis juga ditemukan urat mengandung pirit selebar 1 meter dengan jurus baratlaut. Dari contoh urat ini didapatkan kadar emas 3,2 ppm dan perak 37,6 ppm.

Peta geologi lembar Karimata dapat di download pada link berikut ini : 1314 Karimata


Referensi
U. Margono and P. Sanyoto. Geological Map of the Karimata Quadrangle, Kalimantan. 1996
Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()