GEOLOGI LEMBAR PALANGKARAYA, KALIMANTAN

STRATIGRAFI


Berikut tatanan stratigrafi untuk lembar Palangkaraya, Kalimantan
Qa ALUVIUM; disusun oleh gambut, pasir lepas, lempung dan lempung kaolinan. Gambut berwarna coklat kehitaman merupakan endapan rawa. Pasir lepas berwarna kekuningan, halus – kasar, merupakan endapan sungai. Lempung berwarna kelabu kecoklatan, mengandung sisa tumbuhan, sangat lunak, terdapat di daerah pasang surut. Lempung kaolinan berwarna putih kekuningan, bersifat liat. Satuan ini tebalnya sekitar 50 – 100 meter.

TQd FORMASI DAHOR; disusun oleh konglomerat yang berselingan dengan batupasir dan batulempung. Konglomerat berwarna coklat kehitaman, agak padat, fragmen terdiri dari kuarsit dan basal berukuran 1 – 3 cm, kemas terbuka dengan matriks yang berukuran pasir. Batupasir berwarna kekuningan sampai kelabu, berbutir sedang – kasar, setempat berstruktur silang – silur. Batulempung berwarna kelabu, agak lunak, karbonan, setempat mengandung lignit, tersingkap sebagai sisipan dalam batupasir dengan ketebalan 20 – 60 cm. Umur formasi ini diperkirakan Miosen Tengah sampai Plistosen berdasarkan korelasi dengan formasi Dahor di lembar Tewah (Sumintadipura, 1976). Tebal formasi ini sekitar 300 meter dan diendapkan di lingkungan paralik.

Tb BASAL; berwarna kelabu kehijauan, berhablur penuh, berbutir tak sama, halus – sedang, porfiritik dengan massa sulung plagioklas dan piroksin yang tertanam dalam massa dasar. Di beberapa tempat memperlihatkan struktur diabas dan ada juga yang berkomposisi andesit piroksin. Gejala ubahan tampak dengan adanya klorit dan mineral lempung. Batuan ini di duga berumur Eosen sampai Oligosen karena diduga menerobos batuan granit (Kapur Akhir).

Kgr GRANIT; merupakan batuan plutonik dengan komposisi granit – granodiorite, berwarna putih berbintik hitam, berhablur penuh, berbutir menengah, hipidiomorf. Mineral penyusunnya terdiri dari orthoklas, kuarsa, plagioklas dan hornblende serta sedikit biotit. Beberapa sayatan menunjukkan texture pertit, granofir, grafik dan mirmekrit. Di lembar Tewah batuan ini menunjukkan umur Kapur Akhir (76 – 8,7 juta tahun), Sumintadipura (1976).

TRv BATUAN GUNUNG API; disusun oleh breksi gunung api, basal dan tufa. Breksi gunung api berwarna kelabu kehijauan, sangat kompak, fragmen terdiri atas andesit, basal dan rijang dengan diameter 2 – 3 cm, setempat kaya akan bijih besi dan limonit. Basal berwarna coklat kemerahan, pejal, setempat berongga. Tufa berwarna kelabu kemerahan, berupa abu gunung api, berbutir sangat halus, di beberapa tempat mengandung lapilli berukuran sampai 5 cm. Emmichoven (1939) mengelompokkan satuan ini ke dalam kompleks Matan yang berumur Trias.

TRm KUARSIT; berwarna coklat kekuningan, jika teroksidasi berwarna kemerahan. Secara mikroskopik batuan ini memperlihatkan tekstur granoblastik dengan mineral penyusun kuarsa dan ortoklas dan kemas saling mengunci. Berdasarkan kesamaan batuan di lembar Tewah diperkirakan batuan ini berumur Trias (Sumintadipura, 1976).

Satuan Peta Geologi Lembar Palangkaraya, Kalimantan
Gambar : Korelasi Satuan Peta Geologi Lembar Palangkaraya

STRUKTUR DAN TEKTONIKA


Geologi lembar Palangkaraya dimulai dari jaman Trias dengan terbentuknya batuan kuarsit dan batuan gunung api. Pada jaman Kapur terjadi pengangkatan yang disertai penerobosan batuan granit, mungkin bagian dari pegunungan Schwaner. Pengangkatan berikutnya diduga terjadi pada kala Eosen atau Oligosen yang disertai penerobosan basal. 

Sejak Trias daerah ini berupa daratan, baru pada kala Miosen Tengah sampai Plio-Plistosen mengalami penurunan sehingga terendapkan formasi Dahor dalam lingkungan Paralik yang kemudian ditutupi oleh endapan alluvial.

SUMBERDAYA MINERAL


Bahan galian di lembar Palangkaraya yang mungkin untuk diusahakan adalah bijih besi dalam satuan batuan gunung api di sungai Campaga dan Kenyapa. Gambut disekitar kota Palangkaraya dan sungai Jematas. Pasir kuarsa di kampung Sapdapaloh dan Sakadua. Kaolin terdapat di hulu sungai Mentaya, Katingan, Sebangau dan Rungan. Granit terdapat di gunung Cintabirahi, gunung Batu dan Tengkilang.

Peta geologi lembar Palangkaraya dapat di download pada link berikut ini : 1613 Palangkaraya


Referensi

E.S. Nila, E. Rustandi and R. Heryanto. Geological Map of the Palangkaraya Quadrangle, Kalimantan. 1995.
Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()