Geologi Regional Lembar Bangka Utara, Sumatera

Berikut penjelasan peta geologi lembar Bangka Utara, Sumatera yang meliputi stratigrafi regional, sumberdaya mineral, struktur geologi dan tektonika.

Stratigrafi Regional Lembar Bangka Utara

Berikut tatanan stratigrafi regional lembar Bangka Utara yang diurutkan dari muda ke tua:

Aluvial (Qa): terdiri atas bongkah, kerakal, kerikil, pasir, lempung dan gambut.

Formasi Ranggam (TQr): terdiri atas perselingan batupasir, batulempung dan batulempung tufaan dengan sisipan tipis batulanau dan bahan organik. Formasi ini berlapis baik, struktur sedimen berupa paralel laminasi dan cross bedding. Pada formasi ini dijumpai fosil Amonia sp., Quinqueloculina sp. dan Triloculina sp. dan menunjukkan umur relatif tidak lebih tua dari Miosen Akhir. Lingkungan pengendapan diduga fluviatil sampai peralihan dengan ketebalan 150 meter. Formasi ini dapat dikorelasikan dengan formasi Kasai di daerah Sumatera.

Formasi Tanjunggenting (TRt): terdiri atas perselingan metasandstone, batupasir, batupasir lempungan dan batulempung dengan lensa batugamping setempat dijumpai oksida besi. Formasi ini berlapis baik, terlipat kuat, terkekarkan dan tersesarkan. Dijumpai fosil Montlivaultia molukkana (J. Wanner), Peronidella (G. Willkess), Entrochus sp. dan Encrinus sp. Kumpulan fosil ini menunjukkan umur Trias. Lingkungan pengendapan diperkirakan laut dangkal dengan ketebalan 250-1.250 meter. Formasi ini diterobos oleh granit klabat dan menindih tak selaras kompleks Pemali serta dapat dikorelasikan dengan formasi Bintan.

Granit Klabat (TRJkg): terdiri atas granit, granodiorit, adamalit, diorit dan diorit kuarsa, setempat dijumpai retas aplit dan pegmatit. Terkekarkan dan tersesarkan serta menerobos Diabas Penyabung. Umur satuan ini dari hasil analisa radiometri menunjukkan umur Trias Akhir.

Diabas Penyabung (PTRd): satuan diabas yang telah terkekarkan dan tersesarkan, diterobos oleh granit Klabat dan menerobos Kompleks Malihan Pemali. Umur satuan ini diperkirakan Perm.

Kompleks Pemali (CPp): terdiri atas phyllite dan sekis dengan sisipan kuarsit dan lensa batugamping, terkekarkan, terlipat, tersesarkan dan diterobos oleh granit Klabat. de Roever (1951) menjumpai fosil berumur Perm pada batugamping di dekat Air Duren sebelah selatan-tenggara Pemali. Umur satuan diduga Perm.
Kolom Stratigrafi Geologi Lembar Bangka Utara
Gambar : Korelasi Satuan Peta Geologi Lembar Bangka Utara, Sumatera.

Struktur Geologi dan Tektonika lembar Bangka Utara

Struktur di daerah lembar berupa sesar naik, sesar geser, sesar normal, lipatan, kekar dan kelurusan. Lipatan terjadi pada batuan Perm dan Trias, dan terpotong oleh sesar-sesar. Deformasi terjadi dalam tiga tahap. Pertama yang berarah timurlaut-baratdaya, terbentuk pada Paleozoikum Akhir. Kedua berarah baratlaut-tenggara pada Trias-Jura. Ketiga berarah timurlaut-baratdaya pada Kapur. Pola sesar yang berarah utara-selatan merupakan pola sesar yang paling muda.

Sumberdaya Mineral dan Energi

Sumberdaya mineral dan bahan galian terdiri dari kasiterit, oksida besi, pirit, granit, diabas, kaolin dan batupasir. Sumberdaya energi berupa gambut.

Peta geologi lembar Bangka Utara dapat di download pada link berikut ini peta geologi regional pulau Sumatera.

Referensi
S. Andi Mangga dan B. Djamal. Peta geologi lembar bangka utara, sumatera. Bandung, 1995.

Advertisement
loading...
BERIKAN KOMENTAR ()