Inilah Unsur Unsur Peta yang Wajib Ada Dalam Peta

Inilah Unsur Unsur Peta yang Wajib Ada Dalam Peta - Hai sahabat AMUZIGI, artikel yang kamu lihat saat ini adalah tentang Unsur Unsur Peta yang Wajib Ada Dalam Peta. Perlu diketahui bahwa Amuzigi memberikan materi ini dengan harapan membuka wawasan kamu mengenai Unsur Unsur Peta. Semoga artikel yang berada pada kategori Peta dan Unsur-unsur Peta ini dapat lebih mengembangkan pengetahuan kamu. Akhir kata dari Amuzigi, selamat memahami.

Baca juga:
Mengenal Jenis-jenis Peta
Pemetaan Geologi Metode Lintasan Kompas (Compass Traverse)

Dalam ilmu geologi kedudukan peta sangat penting, bahkan dalam kajian suatu gejala geologi, peta selalu dibutuhkan dan digunakan. Melalui peta, banyak keterangan yang akan diperoleh, misalnya lokasi suatu tempat, jarak suatu tempat ke tempat lain, bentuk kenampakan bentang alam, pola distribusi lateral mineral, batuan, dan banyak lagi keterangan yang akan didapat.

Peta merupakan gambar permukaan bumi yang diperkecil dengan skala tertentu yang digambarkan di atas bidang datar. Agar suatu peta dapat dibaca dan informatif, maka peta tersebut harus memiliki unsur-unsur tertentu sebagai komponen pelengkap. Berikut ini adalah unsur-unsur peta sangat wajib dalam sebuah peta.

JUDUL PETA
Judul peta memberikan informasi dan tempat yang dipetakan. Judul peta dapat diletakkan di sebelah atas sebelah kanan atau
di bawah.

PETUNJUK ARAH
Petunjuk arah  merupakan sebuah tanda untuk menunjukkan arah mata angin, yaitu utara, timur, selatan, dan barat. Pada umumnya peta di Indonesia bagian atas dari peta adalah arah utara.

INDEKS
Indeks ialah peta dalam lingkup lebih luas dengan skala yang lebih kecil yang berfungsi menunjukkan lokasi daerah yang dipetakan. Inset bisa disimpan di sebelah bawah.

SKALA
Skala adalah perbandingan jarak antara dua titik yang terdapat di peta dengan jarak datar di lapangan. Misalnya, pada peta tertulis skala 1 : 6.000.000, artinya 1 cm pada peta sama dengan 6.000.000 cm atau 60 km di lapangan. Skala peta dapat dibedakan menjadi 3, yaitu sebagai berikut.
  1. Skala numerik atau skala angka
  2. Skala grafis
  3. Skala verbal

LEGENDA
Legenda merupakan keterangan dari simbol-simbol dan kenampakan yang ada di peta. Letak legenda dapat disimpan di sebelah kiri, kanan atau di bawah.

SIMBOL
Simbol pada peta merupakan suatu objek dalam peta yang sudah umum digunakan untuk mewakili kenampakan gejala yang ada di muka bumi. Menurut bentuknya, simbol pada peta dapat dibedakan atas simbol titik, simbol garis, dan simbol wilayah.
  1. Simbol titik, digunakan untuk menggambarkan kenampakan yang sempit dan di peta kenampakan tersebut terlalu kecil. Misalnya suatu kota, rumah makan, bandara, dan lain-lain. Kota pada skala kecil hanya tergambar sebagai titik, tetapi di peta skala besar suatu kota dapat digambarkan dengan suatu luasan.
  2. Simbol garis, digunakan untuk unsur-unsur yang memanjang, seperti sungai, jalan, dan rel. Untuk membedakan unsur tersebut, biasanya masing-masing diberikan warna yang berbeda.
  3. Simbol wilayah atau area, digunakan untuk menggambarkan unsur-unsur yang meluas atau mempunyai luasan, seperti perkebunan, hutan, sawah, dan tegalan.

Adapun wujud simbol dalam kaitannya dengan unsur yang digambarkan dapat dibedakan atas wujud piktorial (nyata), geometrik, dan huruf.
  1. Simbol pictorial adalah simbol yang wujudnya ada kemiripan dengan wujud unsur yang digambarkan.
  2. Simbol geometrik adalah simbol dengan menggunakan gambar bangun matematika, seperti lingkaran, segitiga, persegi panjang.

Simbol huruf biasanya dapat menggunakan huruf awal atau inisial dari data yang akan ditampilkan, bahkan terkadang menggunakan angka.

unsur-unsur peta


GARIS ASTRONOMI
Garis astronomi merupakan garis koordinat yang dapat menunjukkan lokasi atau letak yang biasa disebut letak astronomis. Garis astronomi biasanya digambarkan berdasarkan koordinat garis bujur dan garis lintang dengan satuan derajat atau memakai koordinat Universal Transverse Mercator (UTM) dengan satuan meter.

GARIS TEPI
Garis tepi peta ialah garis yang terletak di bagian tepi peta berbentuk kotak. Garis ini biasanya dibuat rangkap dan tebal

SUMBER DATA DAN TAHUN PEMBUATAN
Sumber data dan tahun pembuatan peta berfungsi untuk mengetahui siapa atau lembaga apa yang membuat peta tersebut dan kapan peta tersebut dibuat. Sedangkan tahun peta sangat penting karena objek di lapangan dapat berubah
dari tahun ke tahun atau datanya merupakan data yang mudah berubah seperti kepadatan penduduk.

Demikianlah materi tentang Unsur Unsur Peta. Diharapkan ini dapat bermanfaat untuk kamu dan sampai jumpa pada artikel terupdate Amuzigi berikutnya. Salam.

"Kamu telah membaca materi Unsur Unsur Peta yang Wajib Ada Dalam Peta. Jika bermanfaat, silahkan membagikan artikel ini ke teman-temanmu melalui tombol share dibawah ini. Ingatlah, 1 share adalah 1 kebaikan, jadi bagikanlah."
Advertisement
loading...
BERIKAN KOMENTAR ()