MENGENAL JENIS-JENIS PETA

Mengenal Jenis-Jenis Peta - Hai sahabat AMUZIGI, artikel yang kamu lihat saat ini adalah tentang Mengenal Jenis-Jenis Peta. Perlu diketahui bahwa Amuzigi memberikan materi ini dengan harapan membuka wawasan kamu mengenai berbagai macam jenis jenis peta. Semoga artikel yang berada pada kategori "Peta, Jenis Peta, dan Contoh Peta" ini dapat lebih mengembangkan pengetahuan kamu. Akhir kata dari Amuzigi, selamat memahami.

Baca juga: Unsur-Unsur Peta Yang Wajib Ada Dalam Peta

Secara umum peta adalah gambaran konvensional permukaan bumi yang diskalakan. Erwin Raisz mengatakan bahwa seorang kartografer (orang yang membuat peta) harus menguasai 50% Geografi, 30% seni, 10% matematika, dan 10% lagi ilmu lainnya. Peta banyak fungsinya, dan pada umumnya berfungsi untuk memberikan informasi tentang keadaan permukaan bumi.

Secara umum peta dikelompokkan berdasarkan isi peta, skala peta, nilai data, dan sifat data yang ditampilkan pada peta. Berdasarkan skala peta, contohnya peta skala besar, sedang, dan kecil. Berdasarkan isi peta, contohnya peta umum dan peta khusus. Berdasarkan sifat data dalam peta, contohnya peta stasioner dan peta dinamis. Sedangkan berdasarkan nilai data dalam peta, contohnya peta kuantitatif dan peta kualitatif. Penjelasan yang lebih terperinci dapat dilihat pada pembahasan dibawah ini.

Jenis-jenis Peta Berdasarkan Skalanya

Berdasarkan skala peta, maka peta dapat dibedakan menjadi: Peta skala besar yang memiliki skala antara 1 : 5.000 sampai 1 : 250.000, Peta skala sedang memiliki skala antara 1 : 250.000 sampai 1 : 500.000, dan Peta skala kecil memiliki skala antara 1 : 500.000 sampai 1 : 1.000.000.

Jenis-jenis Peta Berdasarkan Isinya

PETA UMUM; Peta umum adalah peta yang berisikan semua kenampakan bumi secara umum, baik kenampakan alami maupun kenampakan buatan manusia. jenis-jenis peta umum contohnya yaitu:
  1. Peta Dunia: merupakan peta yang menggambarkan seluruh permukaan bola bumi.
  2. Peta topografi: merupakan peta yang hanya menggambarkan suatu wilayah tertentu di permukaan bumi.
  3. Peta kartografi: merupakan peta yang menggambarkan sebagian permukaan bumi.

PETA KHUSUS; Peta khusus adalah peta yang dibuat untuk tujuan tertentu, biasa disebut juga dengan peta tematik.

jenis-jenis peta
Contoh bentuk peta topografi (kiri) dan kartografi (kanan).

Jenis-jenis Peta Berdasarkan Sifat Datanya

Berdasarkan sifat datanya, maka peta dapat dibedakan menjadi:
  1. Peta Dinamis : merupakan peta yang menggambarkan keadaan permukaan bumi yang selalu berubah-ubah atau tidak stabil. contohnya peta jaringan jalan atau peta kepadatan penduduk.
  2. Peta Stasioner: merupakan peta dengan sifat data yang menggambarkan permukaan bumi yang memiliki sifat tetap atau stabil. contohnya peta jalur pegunungan.

Jenis-jenis Peta Berdasarkan Sifat Nilai Datanya

Berdasarkan sifat nilai datanya, peta dapat dibedakan menjadi 2 yaitu:
  1. Peta Kualitatif: merupakan peta yang menunjukkan keberadaan suatu objek di lokasi tertentu. contohnya: peta lokasi perkebunan teh di daerah XX, peta lokasi jatuhnya pesawat XX, dan lain sebagainya.
  2. Peta kuantitatif: merupakan peta yang akan menjadi lokasi keberadaan suatu objek beserta nilai objek tersebut.

Demikianlah materi tentang Jenis-Jenis Peta. Diharapkan semua ini dapat bermanfaat untuk kamu, dan sampai jumpa pada artikel terupdate Amuzigi berikutnya. Salam.

Baca juga: Macam-macam Jenis Simbol Peta

"Kamu telah membaca Mengenal Jenis-Jenis Peta. Jika bermanfaat, silahkan bagikan artikel ini ke teman-temanmu melalui tombol share dibawah ini. Ingatlah, 1 share adalah 1 kebaikan, jadi bagikanlah."
Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()