Simbol Peta : Pengertian, Fungsi, dan Macam-Macam Jenisnya

Pengertian, Fungsi, dan Macam-Macam Jenis Simbol Peta - Hai sahabat AMUZIGI, artikel yang kamu lihat saat ini adalah tentang Pengertian, Fungsi, dan Macam-Macam Jenis Simbol Peta. Perlu diketahui bahwa Amuzigi memberikan materi ini dengan harapan membuka wawasan kamu mengenai Simbol Peta. Semoga artikel yang berada pada kategori Peta, Simbol Peta, Pengertian Simbol Peta, Fungsi Simbol Peta, dan Macam-macam jenis Simbol Peta ini dapat lebih mengembangkan pengetahuan kamu. Akhir kata dari Amuzigi, selamat memahami.

Baca juga: Mengenal Jenis-jenis Peta

Dalam sebuah peta, sudah tentu kamu akan melihat berbagai macam simbol-simbol yang bentuknya beraneka ragam. Simbol simbol tersebut pada dasarnya bertujuan agar informasi yang disampaikan di dalam peta tidak membingungkan. Secara umum, pengertian simbol peta adalah tanda atau gambar yang mewakili kenampakan yang ada di permukaan bumi yang terdapat di dalam sebuah peta.

Pada prinsipnya fungsi simbol peta adalah untuk mengganti atau mewakili objek yang digambarkan pada peta. Simbol-simbol dalam peta harus memenuhi syarat, sehingga dapat menginformasikan hal-hal yang digambarkan dengan tepat. Syarat-syarat tersebut adalah: sederhana, mudah dimengerti, serta bersifat umum. Setidaknya ada 3 macam simbol peta, yaitu:
  1. Simbol Peta berdasarkan Sifatnya
  2. Simbol Peta berdasarkan Bentuknya
  3. Simbol Peta berdasarkan Fungsinya

Simbol Peta Berdasarkan Sifatnya

Simbol-simbol yang kamu lihat pada peta, ada yang menyatakan jumlah dan ada yang hanya membedakan. Berdasarkan sifatnya, simbol peta dibedakan menjadi dua jenis yaitu:
  • Simbol yang bersifat kuantitatif; Simbol ini digunakan untuk membedakan atau menyatakan jumlah
  • Simbol yang bersifat kualitatif; Simbol ini digunakan untuk membedakan persebaran benda yang digambarkan. Misalnya untuk menggambarkan daerah penyebaran hutan, jenis tanah, penduduk dan lainnya.

Simbol Peta

Simbol Peta Berdasarkan Bentuknya

Bentuk-bentuk simbol yang digunakan pada peta berbeda-beda tergantung dari jenis petanya. Campakan area misalnya rawa, hutan, padang pasir dan sebagainya. Berdasarkan bentuknya, simbol peta dapat terdiri atas:
  • Simbol garis, digunakan untuk menyajikan data geografis misalnya sungai, batas wilayah, jalan, dan sebagainya.
  • Simbol titik, digunakan untuk menyajikan tempat atau data posisional, seperti simbol kota, pertambangan, titik trianggulasi (titik ketinggian) tempat dari permukaan laut dan sebagainya.
  • Simbol luasan (Area), digunakan untuk menunjukkan kenampakan area misalnya rawa, hutan, padang pasir dan sebagainya.
  • Simbol batang, digunakan untuk menyatakan harga/dibandingkan harga lainnya/nilai lainnya.
  • Simbol aliran, digunakan untuk menyatakan alur dan gerak
  • Simbol lingkaran, digunakan untuk menyatakan kuantitas (jumlah) dalam bentuk persentase.
  • Simbol bola, digunakan untuk menyatakan isi (volume), makin besar simbol bola menunjukkan isi (volume) makin besar dan sebaliknya makin kecil bola berarti isi (volume) makin kecil.

Simbol Peta

Baca juga: Unsur-Unsur Peta yang Wajib Ada Dalam Peta

Simbol Peta Berdasarkan Fungsinya

Penggunaan simbol pada peta dapat tergantung pada fungsinya untuk menggambarkan bentuk-bentuk muka bumi di daratan, di perairan, atau bentuk-bentuk budaya manusia. Berdasarkan fungsinya, simbol peta dapat dibedakan menjadi 3 jenis:
  • Simbol perairan; digunakan untuk simbol-simbol bentuk perairan.
  • Simbol daratan; digunakan untuk simbol-simbol permukaan bumi di daratan. Contoh: gunung, pegunungan, gunung api.
  • Simbol budaya; digunakan untuk simbol simbol bentuk hasil budaya.

Simbol Peta


Demikianlah materi tentang Pengertian, Fungsi, dan Macam-Macam Jenis Simbol Peta. Diharapkan semua ini dapat bermanfaat untuk kamu dan sampai jumpa pada artikel terupdate Amuzigi berikutnya. Salam.

Kamu telah membaca Pengertian, Fungsi, dan Macam-Macam Jenis Simbol Peta. Jika bermanfaat, silahkan membagikan artikel ini ke teman-temanmu melalui tombol share dibawah ini. Ingatlah, 1 share adalah 1 kebaikan, jadi bagikanlah.
Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()