Profil dan Peta Negara Filipina

Profil Negara Filipina dan Peta Negara Filipina - Filipina merupakan salah satu negera yang terletak di Asia tenggara. Filipina adalah sebuah negara kepulauan. Total luas negara Filipina adalah 300.000 km2 dimana 1.830 km2 adalah perairan dan 298.170 km2 adalah daratan. Hal ini menjadikannya negara terluas ke-74 di dunia. Nama Filipina diberikan untuk menghormati Raja Phillip II dari Spanyol.

Baca juga: Profil dan Peta Negara Brunei Darussalam

Peta Negara Filipina

Profil Peta Negara Filipina


Profil Negara Filipina

Lokasi:
Asia Tenggara, kepulauan antara Laut Filipina dan Laut Cina Selatan, sebelah timur Vietnam

Ibukota:
Manila

Bahasa:
Filipina (resmi, berdasarkan bahasa Tagalog) dan bahasa Inggris (resmi); Delapan dialek utama - Tagalog, Cebuano, Ilocano, Hiligaynon atau Ilonggo, Bicol, Waray, Pampango, dan Pangasinan.

Kelompok Etnik:
Tagalog 28,1%, Inggris 13,1%, Ilocano 9%, Visayan/Cebuano 7,6%, Hiligaynon Ilonggo 7,5%, Bikol 6%, Waray 3,4%, lainnya 25,3% (sensus tahun 2000).

Agama:
Katolik 82,9% (Katolik Roma 80,9%, Aglipayan 2%), Muslim 5%, Evangelis 2,8%, Iglesia ni Kristo 2,3%, agama Kristen lainnya 4,5%, Lainnya 1,8%, tidak beragama 0,7% (sensus 2000).

Sistem Pemerintahan:
Republik Presidential

Kemerdekaan:
Hari kemerdekaan Filipina adalah 4 Juli 1946 (dari AS)

Total Luas Area:
Luas negara Filipina 300,000 km2

Luas Area Perairan:
1,830 km2

Luas Area Daratan:
298,170 km2

Jumlah Penduduk:
Jumlah penduduk Filipina 102,624,209 orang, Populasi banyak terkonsentrasi di lahan pertanian yang subur; Konsentrasi tertinggi adalah barat laut dan selatan-tengah Luzon, sepanjang Luzon bagian tenggara, dan kepulauan di Laut Visayan, khususnya Cebu dan Negros; Manila adalah tempat tinggal bagi seperdelapan populasi negara ini.

Negara yang berbatasan:
Indonesia, Malaysia, kepulauan antara Laut Filipina dan Laut Cina Selatan, sebelah timur Vietnam

Baca juga: Profil dan Peta Negara Indonesia

GDP (PPP):
$807,000,000,000.00 (USD)

GDP (Per Kapita):
$7,700.00 (USD)

Mitra Ekspor:
Mitra ekspor utamanya adalah Jepang, Amerika Serikat, China

Mitra Impor:
Mitra impor utamanya adalah China, Amerika Serikat, Jepang

Jenis Komoditi Ekspor:
Komoditi ekspor utamanya adalah peralatan semikonduktor, mesin, manufaktur kayu

Jenis Komoditi Impor:
Komoditi impor utamanya meliputi produk elektronik, bahan bakar, mineral, dan mesin.

Iklim:
Tropis (panas dan lembab), dipengaruhi oleh angin tenggara, Musim hujan November sampai Maret.

Topografi:
Sebagian besar gunung dengan dataran rendah sempit di pesisir

Sumberdaya Alam Populer:
Filipina memiliki sumber daya logam yang meliputi kobalt, perak, emas, nikel, maupun tembaga. Variasi sumber daya alam lainnya termasuk garam, kayu, serta minyak bumi.

Baca juga: Profil dan Peta Negara Singapura

Bencana Alam di Filipina (Natural Hazard):
Filipina berada pada sabuk angin topan, oleh karena itu negara ini biasanya terkena 15 badai siklon, dan sering dilanda oleh sekitar enam badai setiap tahunnya. Banyak bahaya alam lainnya dialami oleh negara ini, termasuk gunung berapi aktif, gempa bumi, tanah longsor, serta tsunami.

Isu Lingkungan:
Filipina memiliki sejumlah isu lingkungan diantaranya telah terjadi penggundulan hutan yang tidak terkendali, terutama di daerah aliran sungai. Negara ini juga memiliki tingkat erosi tanah yang tinggi. Di pusat kota besar banyak terjadi polusi udara dan air. Filipina telah mengalami peningkatan polusi rawa bakau pesisir, yang merupakan tempat hidupnya ikan. Banyak terjadi degradasi terumbu karang.

Demikian Amuzigi telah memberikan data mengenai Peta Negara Filipina lengkap beserta Profil Negara Filipina. Semoga materi ini bisa berguna bagi kamu yang membutuhkan informasi mengenai Peta negara Filipina maupun Profil Negara Filipina.
Advertisement
loading...
BERIKAN KOMENTAR ()