Profil dan Peta Negara Indonesia

Profil Negara Indonesia dan Peta Negara Indonesia - Indonesia merupakan salah satu negera yang terletak di Asia tenggara. Indonesia adalah negara dengan pulau terbanyak yang dibatasi oleh banyak lautan yang terbentang antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Indonesia memiliki panjang garis perbatasan 2.958 km, dimana dengan Timor-Leste 253 km, Malaysia 1.881 km, serta Papua Nugini 824 km. Dibawah dapat kamu lihat letak negara indonesia dalam peta dunia serta profil negara indonesia.

Baca juga: Profil dan Peta Negara Malaysia

Peta Negara Indonesia

peta negara indonesia
Sumber: United Nations


Profil Negara Indonesia

Lokasi:
Asia Tenggara, kepulauan antara Samudera Hindia - Samudra Pasifik

Ibukota:
Jakarta

Bahasa:
Bahasa Indonesia (bahasa Melayu yang dimodifikasi), Inggris, dialek lokal (yang paling banyak digunakan adalah bahasa Jawa).

Kelompok Etnik:
Jawa 40.1%, Sunda 15.5%, Melayu 3.7%, Batak 3.6%, Madura 3%, Betawi 2.9%, Minangkabau 2.7%, Bugis 2.7%, Banjar 1.7%, Bali 1.7%, Aceh 1.4%, Dayak 1.4%, Sasak 1.3%, China 1.2%, lainnya (2010 est).

Agama:
Islam 87,2%, Kristen 7%, Katolik 2,9%, Hindu 1,7%, Lainnya 0,9% (termasuk Budha dan Konghucu), tidak spesifik 0,4% (2010 est).

Sistem Pemerintahan:
Republik-Presidensial

Kemerdekaan:
17 Agustus 1945 (deklarasi)

Total Luas Area:
1,904,569.00 km2

Luas Area Perairan:
93,000 km2

Luas Area Daratan:
1,811,569 km2

Jumlah Penduduk:
258,316,051 orang, terkonsentrasi di pulau Jawa, yang dianggap sebagai salah satu pulau terpadat, Sumatera (terutama di selatan dekat Selat Sunda serta di sepanjang pantai timur laut dekat Medan), Kota Makasar (Sulawesi), Banjarmasin (Kalimantan) juga perlu diperhatikan sebagai wilayah pengkonsentrasian penduduk indonesia.

Negara yang berbatasan:
Timor-Leste 253 km, Malaysia 1.881 km, Papua Nugini 824 km

GDP (PPP):
$3,030,000,000,000.00 (USD)

GDP (Per Kapita):
$11,700.00 (USD)

Mitra Ekspor:
Mitra ekspor utamanya adalah Jepang, Amerika Serikat, dan China

Mitra Impor:
Mitra impor utamanya adalah China, Singapura, dan Jepang.

Jenis Komoditi Ekspor:
Komoditi ekspor utamanya adalah bahan bakar, mineral, lemak hewani atau nabati, dan mesin listrik.

Jenis Komoditi Impor:
Impor utamanya meliputi bahan bakar, mineral, boiler, mesin, dan alat mekanis.

Iklim:
Tropis (Panas, lembab), sedangkan di dataran tinggi bersifat moderat

Topografi:
Sebagian besar dataran rendah pesisir, sedangkan pulau yang lebih besar memiliki topografi pegunungan.

Sumberdaya Alam Populer:
Indonesia memiliki sejumlah sumber logam yang meliputi bauksit, timah, nikel, tembaga, perak dan emas. Minyak bumi, batubara maupun gas alam adalah beberapa sumber bahan bakar penting bagi negara ini. Sumber lain termasuk kayu dan tanah yang subur.

Bencana Alam di Indonesia (Natural Hazard):
Indonesia memiliki berbagai bahaya alam, diantaranya adalah aktivitas vulkanik, gempa bumi, tsunami, banjir, kebakaran hutan, kekeringan parah.

Isu Lingkungan:
Indonesia memiliki asap dan kabut dari kebakaran hutan, dan polusi udara di daerah perkotaan. Isu lingkungan lainnya adalah deforestasi. Negara ini juga memiliki polusi air dari limbah industri.

Demikian Amuzigi telah memberikan data mengenai Peta Negara Indonesia lengkap beserta Profil Negara Indonesia. Semoga ini dapat berguna bagi kamu yang membutuhkan informasi, khususnya mengenai Peta Negara Indonesia dan Profil Negara Indonesia.
Advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()