Pada Intinya, Geologi Adalah Ilmu Tentang Bumi, Tapi Bukan Hanya Itu Saja..

Versi penjelasan pendeknya, geologi adalah gabungan dari kata yang disadur, geo berarti bumi dan ologi diartikan sebagai studi, pun bisa juga berarti ilmu.

Jadi, geologi adalah ilmu atau studi tentang bumi.

Yap, semudah itu!
pengertian geologi adalah | amuzigi.com
Geologi Adalah Ilmu Tentang Bumi. Yap, semudah itu! | Amuzigi.com

Kalau Anda hanya mencari pengertian dan mencari jawaban dari pertanyaan "geologi adalah.." beberapa kata dalam paragraf diatas cukup mewakilkan dan sangat menjawab pertanyaan Anda.

Kalau Anda mencari jawaban dan penjabaran yang lebih kompleks, saya pun akan menyajikannya dalam informasi dibawah. Siap?

Geologi adalah sesuatu yang sangat luas dan tidak terbatas. Mengapa? Bila menelusuri secara mendalam tentang bumi, tentu tidak akan ada habisnya dan memang tidak punya batas tertentu.

Bisa dibilang, geologi adalah suatu ilmu yang kompleks. Kenapa? Karena geologi pada dasarnya bukan hanya mempelajari perihal terbentuknya bumi, fitur bumi, struktur bumi dan proses yang terjadi di bumi. Fakta di lapangan juga menyebutkan, geologi adalah sesuatu yang bisa membahas hingga sejarah-sejarah dan semua yang berkaitan dengan elemem bumi. Pun, pembahasan seputar geologi juga akan membahas tentang kehidupan dari planet yang berubah dari waktu ke waktu.

Yap, geologi adalah sesuatu yang dinamis dan tidak terkira pergerakannya. Itulah alasan mengapa geologi itu sesuatu yang kompleks. Setuju?

Cabang Ilmu Geologi Adalah:

Perlu diawali dengan pembahasan yang ringan, membahas cabang dari ilmu geologi adalah sesuatu yang cocok untuk dibahas dalam poin pertama artikel ini.

Kajian geologi sendiri mempunyai ruang lingkup yang amat luas, di dalamnya pun banyak kajian kajian yang kemudian berkembang jadi ilmu sendiri walaupun sebenarnya, ilmu ini memang tidak bisa dipisahkan karena memang saling menunjang antara satu ilmu dengan lainnya. Beberapa cabang ilmu geologi adalah sebagai berikut.

Mineralogi

Ilmu ini intinya membahas tentang mineral. Di dalamnya terdapat bahasan bahasan ringan sampai berat yang meliputi warna mineral, kilap, belahan, pecahan dan sifat dari mineral yang lainnya.

Petrologi

Konsen ilmu ini mempelajari tentang batuan. Di dalamnya ada pembahasan mengenai deskripsi dari suatu batuan, klasifikasi, origin dan asal muasal.

Sedimentologi

Berbeda dari Petrologi, pembahasan ilmu ini hanya seputar batuan sedimen, walaupun sebenarnya, topik pembahasannya tak jauh dari ilmu Petrologi.

Stratigrafi

Ilmu ini meneliti tentang urutan dan perlapisan batuan, mulai dari sifat dan fisiknya, hingga proses terbentuknya.

Geologi Struktur

Ilmu ini membahas tentang susunan dan arsitektur dari kerak bumi. Ilmu ini juga membahas tentang proses dan pembentukannya.

Palentologi

Ilmu ini mempelajari dan hanya terfokus pada kehidupan masa lampau, salah satu contohnya adalah pembahasan mengenai fosil. Ilmu ini amat berguna dan sangat dipakai dalam hal menentukan umur dan geologi sejarah dari suatu objek.

Geomorfologi

Fokus pada pembelajaran tentang bentuk dan bentang alam, ilmu ini juga mempelajari proses dari pembentukan bentang alam. Ilmu ini sangat berguna sebagai penentu dari struktur geologi dan batuan dari suatu wilayah dan daerah.

Geologi Terapan

Layaknya ilmu terapan lainnya, ilmu geologi terapan adalah perkembangan dari geologi untuk kepentingan umat manusia. Beberap contoh yang ada dan bisa kita lihat secara langsung, seperti; geologi migas, geologi batubara, geohidrologi, geologi teknik, geofisila, geothermal dan lainnya.

Yap, cukup banyak memang cabang dari ilmu geologi. Tentu ini makin meyakinkan bahwasanya geologi adalah salah satu ilmu yang kompleks dan luas pembahasannya. Setuju?

Masih ingat dengan kalimat saya sebelumnya yang membahas geologi adalah sesuatu yang dinamis? Yap, nyatanya, geologi sendiri terbagi menjadi dua macam, yakni geologi fisik dan geologi dinamis. Ini pembahasannya.

Geologi Fisik Adalah..

Ilmu ini khusus untuk mempelajari sifat fisik planet bumi itu sendiri. Salah satu pokok pembahasannya adalah susunan dan komposisi dari material yang berproses untuk membentuk bumi, selaput bumi, bagian atau objek yang menempati bumi, selaput air bumi dan proses di atas bumi yang terjadi karena adanya energi matahari dan gravitasi planet bumi.

Geologi Dinamis Adalah..

mempelajari serta membahas mengenai sifat-sifat dinamika bumi. Sisi ini berkaitan dengan berbagai perubahan yang ada pada bagian bumi, diakibatkan oleh gaya yang dipicu energi yang bersumber dari perut bumi, misalnya seperti kegiatan magma yang dapat menghasilkan vulkanisme, gerak litosfir yang diakibatkan oleh adanya arus konveksi, gempa bumi dan gerak pembentukan cekungan pengendapan dan juga pegunungan. Itulah definisi dari geologi dinamis.

Fokus pada studi yang membahas tentang sifat dan dinamika planet bumi. Geologi dinamis sangat berkaitan dengan perubahan perubahan apapun pada bumi. Tentu banyak faktor dan penyebabnya, beberapa diantaranya seperti gaya dan energi dari perut bumi. Apa maksudnya? Bumi adalah dinamis yang artinya dapat berubah sewaktu-waktu, perubahan ini bisa disebabkan oleh arus konveksi, gempa bumi, letusan gunung, gerak litosfir dan energi lainnya.

Yap, dari pembahasan diatas, sangat terlihat bahwa geologi adalah sesuatu yang tidak terbatas studi dan bahasannya. Sudah puas dengan pengertian geologi di atas? Mungkin beberapa informasi lainnya di blog ini juga dapat memuaskan hasrat pengetahuan yang Anda miliki.


Pada Intinya, Geologi Adalah Ilmu Tentang Bumi, Tapi Bukan Hanya Itu Saja..