Dengan Adanya Lapisan Atmosfer, Ini Membuktikan Bumi Adalah Tempat Tinggal Teraman Untuk Manusia!

Urutan dari 5 Lapisan Atmosfer dan Penjabarannya | Amuzigi.com
Urutan dari 5 Lapisan Atmosfer dan Penjabarannya | Amuzigi.com

Mungkin, sebagian dari anda sudah mengetahui apa itu lapisan atmosfer. Sekadar pengingat dan pembelajaran ulang, atmosfer adalah salah satu bagian atau variable yang ada pada bumi yang kita tinggali. Atmosfer sendiri letaknya teramat jauh dari posisi kita berada, kurang lebihnya, jarak yang berkilo-kilo meter perlu di tempuh untuk mencapainya. 

Apa guna atmosfer terhadap bumi? Pada dasar kegunaan, lapisan atmosfer adalah perlindungan untuk bumi dari banyaknya benda langit yang lintasannya mendekati bumi dan membahayakan. Itulah pada intinya lapisan atmosfir berada jauh di atas permukaan bumi. Sebagai tameng pelindung yang bekerja demi kelangsungan hidup makhluk bumi.

Pengertian lapisan atmosfer sendiri adalah lapisan gas yang melingkupi keseluruhan sebuah planet, salah satunya termasuk bumi. 

Pada bumi, sebenarnya atomosfer terdapat pada ketinggian 0 km dari permukaan tanah sampai dengan 560 km dari atas permukaan bumi. Atmosfer pun ada banyak dan beragam lapisannya. Nama dari lapisan pada atmosfer pun diambil dari guna dan fenomena yang terjadi pada lapisan tersebut. Transisi yang terjadi pada masing-masing lapisan juga berlangsung dengan tahapan.

Awalnya, studi yang membahas atmosfer dilakukan guna memecahkan permasalahan tentang cuaca, fenomena matahari terbit dan tenggelam dan kelap-kelip dari bintang. Dengan perkembangan alat yang lebih sensitif dari beberapa stasiun luar angkasa dan fasitas yang menunjangnya, dapat juga di peroleh pemahaman lebih baik perihal atmosfer dan fenomena fenomena yang berhubungan.

Untuk informasi yang lebih jelas dan mendalam. Lima lapisan atmosfer di bawah sangat penting sifatnya untuk anda ketahui lebih lanjut. Tanpa intermezzo lainnya, inilah penjelasannya.

Lapisan Atmosfer - Troposfer

Ini adalah salah satu dari lima lapisan atmosfer yang lokasinya paling rendah dalam struktur sebuah atmosfer. Berguna sebagai pelindung radiasi berbahaya, lapisan ini sangat istimewa dan beruntung planet bumi memiliki lapisan ini.

Sayangnya, troposfer memiliki kelemahan dibanding lapisan lain. Apa kelemahannya? Lapisan ini sangat tipis. Bahkan, tipis sekali bila dibandingkan dengan yang lain. Berada kurang lebihhnya 15 km dari permukaan bumi, berlangsung fenomena perubahan cuaca, perubahan angin dan suhu udara serta fenomena lainnya di troposfer. Suhu atmosfer yang satu ini cenderung hangat bila dirasakan langsung oleh manusia yang mencapainya.

Lapisan Atmosfer - Stratosfer

Lapisan Atmosfer yang kedua adalah stratosfer. Memiliki ketebalan 15 – 55 km dari permukaan tanah. Letak persis stratosfer adalah di atas dari laposan troposfer. Pada lapisannya, terdapat lapisan yang dinamakan lapisan ozon, yang berada kurang lebih 20 km dari permukaan tanah. Lapisan ozon sendiri punya fungsi menyerap sinar ultraviolet yang dikeluarkan oleh matahari. Lapisan ozon idealnya berfungsi sebagai pelindung dari radiasi sinar ultraviolet yang berbahaya dari matahari bila terpancar langsung ke bumi. Berbeda dari troposfer, lapisan bernama stratosfer ini mempunyai suhu yang sangat dingin.

Lapisan Atmosfer - Mesosfer

Lapisan atmosfer dari bumi yang ketiga disebut dengan mesosfer. Sama dengan stratosfer, suhu pada lapisan mesosfer amatlah dingin. Di lapisan inilah banyak terjadi gesekan antara lapisan ini dengan meteor. Terletak pada ketinggian 50 km sampai dengan 85 km dari permukaan bumi, suhu lapisan mesofer mencapai -73 derajat celcius.

Lapisan Atmosfer - Termosfer dan Lonosfer

Urutan ke empat dalam susunan atmosfer bernama termosfer. Letak persisnya, berada pada mesosfer dan ekssosfer. Lapisan ini banyak mengandung atom atom yang melalui proses ionisasi yang membuat lapisan ini disebut juga dengan sebutan lapisan ionosfer. Lapisan ini letaknya kurang lebih 85 km hingga 650 km di atas permukaan bumi. Di lapisan ini juga banyak terdapat partikel ion yang fungsinya sebagai pemantul dari gelombang radio.

Lapisan ini sangat berguna partikelnya untuk kebutuhan dan perkembangan teknologi komunikasi manusia. Lapisan ini mempunyai suhu yang teramat panas. Oleh karena itulah lapisan ini disebut dengan nama lapisan termosfer, yang berarti panas.

Lapisan Atmosfer - Eksosfer

Merupakan salah satu atmosfer yang letaknya jauh dari permukaan bumi. Selain menjadi lapisan terluar dari susunan atmosfer bumi, eksosfer mempunyai suhu panas dan mempunyai partikel udara yang pergerakannya sama sekali tidak beraturan. Lapisan ini juga mempunyai refleksi matahari yang memantul dari debu dan materi meteorik. Persisnya, lapisan eksosfer berada di jarak 800 hingga 1000 km dari bumi. Umumnya, lapisan eksosfer juga disebut sebagai benteng terluar di bumi karena panas suhu udaranya. Lapisan ini tidak punya sama sekali tekanan udara di dalamnya.

Dari lima penjabaran perihal lapisan atmosfer di atas oleh penulis, dapat kita ambil kesimpulan bersama, prinsip dan adanya lapisan yang berlapis lapis dalam susunan atmosfer adalah bertujuan melindungi bumi sekaligus mendukung bumi.

Bagaimana, masih meragukan dan tidak percaya bumi adalah tempat tinggal paling aman dalam susunan tata surya? Masih ingin pindah ke Mars mengikuti jejak dan keinginan seorang Elon Musk?

Dengan Adanya Lapisan Atmosfer, Ini Membuktikan Bumi Adalah Tempat Tinggal Teraman Untuk Manusia!