Saking Sulitnya, Studi Tanah Harus Dibagi Hingga 2 Kelompok, Baca Pengertian Lapisan Tanah Dulu, Yuk!

Kenapa ada pembahasan mengenai lapisan tanah? Pertanyaan yang mudah untuk penulis jawab. Pembahasan perihal tanah adalah penting, teramat penting bahkan. Kenapa? Melihat dari fungsi tanah pada bumi, akan langsung terlihat bahwasanya tanah mempunyai beberapa komponen penting, seperti; mineral, air, bahan organik, udara dan unsur hara lainnya.

Bahkan, tumbuhan pun sangat ketergantungan terhadap tanah. Tanpa adanya tanah, tumbuhan tidak akan bisa melakukan proses fotosintesis. Apa yang akan terjadi setelahnya? Tentu tumbuhan itu segera mati.

Pengertian tentang lapisan tanah pun sangat luas bila dicoba untuk diartikan secara gamblang. Bahkan, para ahli sampai harus membedakan ilmu yang studinya mempelajari tentang tanah, yakni; Pedologi dan Edafologi.

Pedologi Tanah

Ilmu ini pada dasarnya mempelajari tanah dengan dasar dinamika dan evolusi. Maksudnya adalah, Pedologi mempelajari ilmu tanah berdasar patokan dari pengetahuan alam murni.

Edafologi Tanah 

Edafologi sendiri melakukan studi tentang tanah berdasar dari peran tanah yang menjadi media berkembang untuk pertumbuhan tanaman.

Kembali ke topik..

Pemabahasan artikel ini dilakukan penulis dengan konsen lebih kepada lapisan tanah. Setidaknya, walau tidak terlalu mendalam, pembahasan perihal ini akan menjadi dasar yang sangat baik untuk kebutuhan studi yang anda lakukan.

Ada Berapa Lapisan Pada Tanah?
pembahasan lapisan tanah | amuzigi.com
pembahasan lapisan tanah | amuzigi.com

Ada empat lapisan lapisan yang terkandung pada tanah. Dari ke atas hingga kebawah memiliki jenis, struktur, batuan dan tingkat kesuburan yang berbeda. Adapun perihal lapisan di tanah, beberapa penjelasan dibawah akan sangat jelas pembahasannya.

Lapisan Tanah Bagian Atas

Jenis pada lapisan paling atas tanah ini biasanya cenderung berwarna gelap agak kehitaman. Dengan tebal antara 10 hingga 30 cm. Tanah bagian atas adalah jenis tanah yang paling subur. Kenapa? Karena pada bagian atas tanah ini, terdapat bunga tanah ataupun disebut dengan humus yang fungsinya sebagai penyubur tanah alami. Lapisan teratas tanah bisa juga disebut dengan 'top soil,' lapisan ini adalah yang terpenting untuk tumbuhan dan tanaman untuk berkembang. Kandungannya, pada tanah bagian atas menyimpan 45 persen mineral, 5 persen bahan organik, 25 persen air dan 25 persen udara.

Lapisan Tanah Bagian Bawah

Cendureng lebih cerah dan lebih padat daripada tanah lapisan teratas, lapisan bawah tanah mempunyai ketebalan 50 sampai dengan 60 cm. Pada bagian bawah dari lapisan ini, sering juga disebut dengan tanah cadas ataupun tanah keras. Pada bagian tanah ini, jarang ditemui adanya aktivitas kehidupan. Biasanya, penghuni bawah lapisan adalah tanaman dengan akar tunggang dalam.

Batuan Induk Lapisan Tanah 

Batuan induk sendiri adalah batuan yang asal muasalnya dari tanah. Lapisan yang satu ini mempunyai tanah dengan warna kemerah merahan dan kelabu keputih putihan. Pada lereng gunung, lapisan batuan induk sangat terlihat jelas dikarenakan lapisan teratas sudah hanyut karena air hujan. Pun, pada lapisan ini sangat jarang ditemui tumbuhan ataupun aktivitas makhluk hidup.

Sebenarnya, pembahasan perihal lapisan pada tanah amat luas dan memang ada beberapa perbedaan kata dalam setiap pembahasan. Apalagi di internet, beberapa sumber juga menyebutkan lapisan tanah dikategorikan dengan sebutan Horizon.

Apa itu Horizon? Pengertiannya, sama dengan penjelasan perihal lapisan di tanah seperti yang penulis jabarkan di atas. Namun, pada klasifikasi Horizon, terdapat enam lapisan, yakni; Horizon O, Horizon A, Horizon E, Horizon B, Horizon C dan Horizon R.

Pengertian Lapisan Tanah Dengan Variabel Horizon


Horizon O

Maksud Horizon O sendiri adalah lapisan tanah teratas.

Horizon A

Lapisan tanah yang dikategorikan sebagai Horizon A terletak persis di bawah Horizon O.

Horizon E

Horizon E ialah Horizon berupa lapisan eluviasi yang berwarna terang. Lapisan tanah ini berpasir, serta sedikit mengandung  mineral dan tanah liat karena rembesan air yang menembus masuk ke tanah.

Horizon B

Illuvial adalah sebutan lain untuk Horizon B atau juga bisa disebut dengan kata horizon endapan, ini merupakan zona akumulasi yang berasal dari bahan yang tercuci (air yang merembes) dari horizon atas.

Horizon C

Horizon C disebut juga lapisan  regolith. Lapisan ini dicirikan oleh masih adanya fragmen (pecahan) lapukan batuan asal.

Pada praktek dan pengertiannya, ini sama saja dan tidak berbeda jauh. Hanya penyebutan dan penggolongan saja yang agak sedikit berbeda. Mengerti, kan?

Saking Sulitnya, Studi Tanah Harus Dibagi Hingga 2 Kelompok, Baca Pengertian Lapisan Tanah Dulu, Yuk!