Suatu Negara Punya Keuntungan Tersendiri Dari Letak Astronomis-nya, Sudah Tahu?

Mungkin anda belum mengetahui letak astronomis Indonesia, mungkin juga sudah tahu dan hanya ingin memastikannya saja. Untuk lebih jelasnya, penulis akan mengupas tuntas pembahasan ini agar di kemudian hari, anda sudah mengerti dengan betul bagaimana persisnya perihal ilmu ini.

Sounds good?

Pengertian Letak Astronomis

Melihat pengertiannya, astronomis menandakan letak suatu negara atau wilayah yang dilihat dari posisi garis bujar dan garis lintang.

Garis Bujur

Pengertiannya, garis ini adalah garis khayal atau bisa juga disebut imajiner yang langsung menghubungkan secara vertikel wilayah kutub utara dan kutub selatan. Selain itu, garis bujur pun membagi bumi menjadi dua wilayah terpisah yang amat besar, yakni, bumi bagian barat yang disebut juga dengan bujur darat dan bumi bagian timur yang disebut juga dengan bujur timur.

Garis Lintang

Pengertian garis lintang sangat berbeda dari garis bujur.  Hal ini ditandai dengan perbedaan letak derajat suatu wilayah. Garis lintang yang ada di angka 23½ derajat sebutannya adalah garis balik; Wilayah yang garis lintangnya ada di angka 90 derajat disebut titik kutub; wilayah yang berada di garis lintang angka 66½ disebut dengan garis lingkar kutub; Garis lintang pada angka 0 derajat disebut dengan garis ekuador.

Letak Astronomis Indonesia

letak astronomis
Suatu Negara Punya Keuntungan Tersendiri Dari Letak Astronomis-nya, Sudah Tahu?

Sekadar mengingatkan anda, letak Indonesia bila dilihat dari sisi astronomisnya, adalah sebagai berikut:

  • Wilayah Indonesia terletak pada 6 derajat Lintang Utara (LU) – 11 Lintang Selatan (LS).
  • Wilayah Indonesia terletak pada 95 derajat Bujur Barat (BT) – 141 Bujur Timur (BT).


Melihat dari letaknya, secara astronomis, Indonesia adalah salah satu negara atau wilayah yang mempunyai iklim tropis. Indonesia sebagai suatu wilayah memenuhi syarat sebagai negara dengan iklim tropis karena terletak pada 23½ derajat LU hingga 23½ derajat LS. Karena letak garis bujurnya, wilayah Indonesia mempunyai tiga zona waktu, yakni: Waktu Indonesia Barat (WIB); Waktu Indonesia Tengah (WITA); Waktu Indonesia Timur (WIT).

Untuk informasi yang lebih detil dan implisit, letak persis suatu wilayah atau negara akan diatur oleh Undang-undang  dan membahas batas wilayahnya. Semisal, di Indonesia ada Undang-undang yang mengatur perihal batasan wilayah, hal ini diatur dalam UU Nomor 43 Tahun 2008 yang isinya perbatasan wilayah negara baik darat, lautan, dan udara.

Pengaruh Letak Astronomis Indonesia


Ada beberapa dampak terhadap negara Indonesia bila melihat letaknya melalui ilmu astronomis. Penulis akan menjabarkan beberapa pengaruhnya.

Indonesia Dilewati Oleh Garis Khatulistiwa

Karena dilewati oleh garis khatulistiwa, Indonesia adalah negara yang mempunyai iklim tropis. Hal ini ditandai juga dengan curah hujan yang amat tinggi di Indonesia sepanjang tahun.

Dengan begitu juga, Indonesia punya suhu dan kelembaban yang sangat tinggi. Dengan demikian, hutan yang lebat dan hijau dimiliki oleh beberapa wilayah di Indonesia.
Untuk lebih jelasnya, inilah beberapa ciri yang harus ada pada suatu wilayah atau negara dapat disebut dengan negara tropis, antara lain:

  1. Curah hujan begitu tinggi dan terdapat banyak hutan hijau tropis
  2. Sinar matahari sepanjang tahun cukup terik
  3. Kelembaban dan suhu yang tinggi
  4. Hanya mempunyai dua musim, yakni, musim kemarau dan penghujan.


Keuntungan Letak Astronomis Indonesia


Untuk anda ketahui, Indonesia sebagai suatu negara mempunyai beberapa keuntungan karena letak secara astronomisnya yang sudah anda ketahui dari penjabaran di atas. Beberapa keuntungan yang dimiliki oleh Indonesia adalah sebagai berikut.

Hanya Memiliki Dua Musim dan Menjadi Paru-Paru Dunia

Seperti yang penulis sebutkan di atas, karena letaknya dilewati oleh garis khatulistiwa, Indonesia hanya memiliki dua musim, kemarau; dan penghujan. Begitu juga dengan iklim tropisnya, banyak sekali hutan hujan tropikal yang luasnya sangat besar. Dengan begitu, Indonesia adalah paru-paru dunia.

Tanahnya Sangat Subur 

Karena letak dan iklim tropisnya, beberapa wilayah di  Indonesia sangat subur tanahnya. Ditambah dengan curah hujan tinggi dan intensitas matahari yang lebih dari cukup, banyak tumbuhan langka tumbuh dan berkembang di Indonesia. Pun, untuk pertanian dan perkebunan, Indonesia sangatlah ideal.

Curah Hujan Tinggi

Jarang kekeringan, curah hujan yang tinggi sangat membantu beberapa wilayah di Indonesia. Pun, bila ada kekeringan, biasanya tidak akan terlalu lama kejadiannya.

Aneka Ragam Flora dan Fauna

Karena luas wilayahnya yang luas, flora dan fauna di Indonesia sangat banyak jenisnya. Dengan begitu, ekosistem di Indonesia sangatlah terjaga dan memang beragam.

Ideal Sebagai Daerah Pariwisata dan Menambah Devisa Negara

Terdapat ribuan pulau di Indonesia yang amat beragam. Ini menyebabkan aneka ragam hayati terdapat di Indonesia. Tentu, hal ini adalah salah satu potensi untuk menjadikan Indonesia sebagai destinasi pariwisata potensial.  Pantai, gunung, padang rumput, danau, sungai dan lainnya terdapat di Indonesia.



Setelah membaca informasi mengenai letak astronomis dan jabaran lebih lanjut mengenai wilayah Indonesia dari sisi astronomisnya, semoga artikel ini dapat membantu anda memahami sekaligus mensyukuri kenikmatan ini. Sudahkah anda bersyukur?

Suatu Negara Punya Keuntungan Tersendiri Dari Letak Astronomis-nya, Sudah Tahu?