Mungkin Selama Ini Pengertian Geografi Anda Salah, Kenapa? Baca Pembahasan-nya..

Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang bumi. Yap, begitu kurang dan lebihnya seingat saya ketika mempelajari pengertian geografi di sekolah.

Namun, bukan informasi dan pengetahuan saya tentang pengertian geografi yang Anda butuhkan, melainkan informasi persis perihal pengertian geografi yang dilihat dari segala sisi, aspek dan variabel lainnya. Betul?

Menyenangkan memang membahas dan mempelajari ilmu geografi. Tapi seiring dengan berjalannya waktu, seiring dengan pengetahuan serta informasi yang masuk dan sudah Anda pelajari, akan tiba masa dimana istilah-istilah asing perihal muncul.

Kembali ke topik bahasan..

Konsen penulis dalam artikel ini adalah membahas pengertian geografi dari A sampai Z. Turunkan sedikit ekspektasi Anda, meski tidak membahas dari A sampai Z, setidaknya di dalam artikel ini terdapat informasi sahih mengenai ilmu geografi yang bisa menjadi acuan untuk Anda.

Mari kita mulai dari topik paling sederhana lebih dulu. Setuju?

Pengertian Geografi Menurut Bahasa

Apa yang terlintas dalam benak ketika mendengar kata geografi? Penulis beranggapan mungkin informasi yang muncul di kepala Anda, adalah; ilmu tentang bumi, peta, dunia, data dan hal lainnya. Betul?

Karena poin ini membahas pengertian geografi menurut bahasa, jadi bukan itu jawabannya. Kata geografi sendiri berasal dari serapan bahasa Inggris, yakni "geography," bahasa Inggris tersebut juga merupakan turunan dari padanan kata asli yang berasal dari Yunani, yakni "geo," yang bisa diartikan sebagai bumi dan gabungan "graphien," yang bisa berarti penjelasan atau tulisan.

Dari sanalah terbentuk kata geografi. Pun bisa kita artikan, pengertian geografi menurut bahasa berarti ilmu bumi ataupun bisa juga ilmu yang mempelajari tentang bumi.

Yap, bisa dibilang adalah "payung," geografi adalah "orangtua" dari pembahasan lengkap dan mendalam perihal bumi. Geografi tidak hanya sekadar kartografi ataupun studi yang mempelajari peta. Bila membaca pengertian geografi menurut bahasa di atas, dapat kita simpulkan pula bahwasanya geografi adalah ilmu yang membahas A sampai Z rangkaian kejadian dan apapun yang terjadi di dalam bumi.

Tidak adil dan juga tak lengkap rasanya bila membahas perihal pengertian geografi yang hanya ditulis oleh tangan penulis. Setuju? Mungkin, beberapa pendapat dari para ahli dan tokoh dibawah ini dapat membuat Anda lebih terbuka dan sepemahaman dengan penulis.

Pengertian Geografi Menurut Ahli dan Tokoh


1. Immanuel Kant

Menurutnya, geografi adalah ilmu yang mempelajari objek seperti benda, hal dan gejala serta rangkaian kejadian yang berada di atas permukaan bumi.


2. Alexander von Humboldt

Beliau menyebutkan, geografi ialah pembelajaran yang meneliti lingkungan alam dan pengaruhnya terhadap manusia yang menghuni bumi.


3. Karl Ritter

Menurut Kart Ritter, geografi adalah penelitian tentang bumi yang menjadi tempat tinggal manusia. Studi tentang geografi mencangkup semua hal dan fenomena yang ada di permukaan bumi. Organik dan anorganik, apapun itu asalkan berkaitan dengan kehidupan manusia adalah ilmu geografi, menurutnya.


4. Friederich Ratzel

Diungkapkan olehnya melalui buku karyanya yang berjudul "Politische Geographie," Friederich Ratzel dalam bukunya mempunyai konsep yang bernama Lebensraum, yang berarti wilayah geografis itu sarana untuk organisme berkembang. Ia juga melihat satu negara akan memperluas Lebensraum negaranya dengan sesuai porsi dan kekuatan yang negara itu miliki.


5. Elsworth Huntington

Menurutnya, geografi itu studi yang membahas tentang fenomena permukaan bumi dan apa saja yang menghuninya. Elsworth juga menjelaskan tentang hal yang disebut hubungan timbal balik dari gejalan dan sifat bumi dengan penduduk yang menempatinya.


6. Paul Vidal de la Blache

Tokoh yang kerap disapa Vidal ini adalah seorang revolusioner sekaligus pelopor dari teori Posibilisme. Teori miliknya menyebutkan bahwa lingkungan selalu menawarkan beberapa kemungkinan bagi manusia untuk bertahan hidup dan selalu berkembang. Perihal geografi, menurut Vidal itu adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana proses produksi dilakukan oleh penduduk bumi (manusia) terhadap posibilitas dan kemungkinan yang ditawarkan alam (bumi.)

Terlalu banyak informasi pun tidak akan bagus untuk pikiran Anda, jadi penulis merasa geografi menurut enam tokoh terkenal di atas sudah lebih dari cukup.

Jadi, dapat penulis simpulkan bahwasanya beberapa ahli mempunyai beberapa kesamaan dan juga perbedaan perihal pengertian geografi. Apapun pendapat, perbedaan dan persamaan menurut para ahli di atas perihal geografi, pun sebagai orang awam, penulis dapat menyimpulkan bahwa geografi pada dasarnya adalah studi tentang tiga elemen, yakni; bumi, manusia dan faktor X.


Apa faktor X Perihal Pengertian Geografi?

pengertian geografi lengkap dengan pembahasannya
Pengertian Geografi dan Pembahasan Lengkapnya | Amuzigi.com

Tergantung konteks dan pembahasan yang dilakukan, bisa jadi suatu kejadian, fenomena maupun perkembangan dan hal lainnya. Intinya, Faktor X bisa banyak dan berbeda dari satu kasus dan kasus lainnya, dari A sampai Z, geografi tidak punya tembok pembatas dan amat sangat luas

Mungkin Selama Ini Pengertian Geografi Anda Salah, Kenapa? Baca Pembahasan-nya..