9 Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui beserta Contohnya

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui – Seperti yang kita tahu, bumi dikelompokkan menjadi dua bagian besar, yakni daratan dan lautan. Pada tiap wilayah atau bagian besar tersebut, terdapat berbagai macam makhluk hidup yang membentuk sebuah ekosistem di dalamnya. Ekosistem merupakan tempat bertemu dan berinteraksinya segala unsur biotik dan abiotik.

Untuk wilayah daratan, contoh ekosistem adalah hutan, gurun, taiga, tundra, padang rumput, dan sabana. Sedangkan contoh dari ekosistem lautan adalah sungai, rawa-rawa, danau, laut, pantai, dan terumbu karang. Pada setiap ekosistem tersebut, terdapat berbagai macam sumber daya alam, salah satunya adalah sumber daya alam yang bisa diperbaharui atau jenis sumber daya alam yang dihasilkan dari adanya proses alami yang berlangsung dari jaman dahulu kala hingga sekarang.

Macam-Macam Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Menurut pengertian, sumber daya alam yang bisa diperbaharui merupakan sumber daya alam yang secara terus menerus dapat diproduksi kembali atau memiliki kuantitas tak terbatas. Sebagai jenis sumber daya alam yang selalu ada, biasanya jenis sumber daya alam ini digunakan sebagai energi alternatif. Ada banyak sekali contoh dari sumber daya alam yang bisa diperbaharui, di antaranya adalah sebagai berikut:

Cahaya Matahari

Seperti yang kita tahu, matahari merupakan pusat tata surya yang memiliki kuantitas cahaya tak terbatas. Sebagai sumber daya yang selalu ada, manusia kemudian memanfaatkan matahari untuk pembangkit tenaga surya melalui panel-panel surya yang berguna untuk menangkap panas dari cahaya matahari. Hal ini juga dipengaruhi oleh sifat ramah lingkungan yang dimiliki oleh cahaya matahari.

Angin

Selain cahaya matahari, angin juga menjadi salah satu contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Angin terbentuk dari udara yang bergerak karena tekanan suhu. Seperti halnya cahaya matahari, angin memiliki kuantitas tak terbatas sehingga selalu dapat muncul karena proses alamiah yang terjadi di permukaan bumi. Pada umumnya angin dimanfaatkan oleh manusia sebagai sumber kekuatan untuk pembangkit listrik tenaga angin.

Air

Contoh sumber daya yang bisa diperbaharui selanjutnya adalah air. Hal ini karena sebagian komposisi bumi didominasi oleh air, baik yang berasal dari lautan maupun air bawah tanah. Dengan jumlah yang sangat melimpah, air kerap kali digunakan untuk menggerakkan pembangkit listrik tenaga air.

Tanah

Tanah merupakan salah satu sumber daya alam yang jumlahnya sangat banyak. Umumnya, tanah digunakan sebagai media untuk bercocok tanam hingga pondasi dasar peletakan bangunan. Bahkan pasir atau tanah kerapkali digunakan untuk pembuatan alat memasak dan perabotan tangga yang lainnya.

Di Indonesia sendiri, pasir atau tanah dianggap sebagai pengganti atau substitusi minyak untuk menggoreng kopi dan kerupuk. Bahkan oleh sebagian masyarakat Madura, tanah dijadikan tempat tidur karena dianggap lebih nyaman dan sehat untuk tubuh.

Tumbuh-Tumbuhan

Tumbuh-tumbuhan merupakan salah satu jenis makhluk hidup yang ada di bumi dan masuk dalam kategori sumber daya alam yang bisa diperbaharui. Hal ini karena terdapat berbagai jenis tumbuhan yang dapat berkembang biak, baik melalui proses alami ataupun dibantu dengan tenaga manusia. Meskipun dalam hal ini terdapat beberapa jenis tumbuhan yang membutuhkan proses sangat lama untuk berkembang.

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui
Sumber Daya Alam Dapat Diperbaharui

Ombak Laut

Ombak merupakan aliran air dari laut yang bergulung-gulung karena adanya pengaruh dari perbedaan tekanan air laut dan dibantu oleh angin. Ombak masuk dalam kategori sumber daya alam yang bisa diperbaharui karena memiliki kuantitas yang sangat banyak. Untuk pemanfaatannya, ombak seringkali digunakan sebagai kekuatan alami dalam membangkitkan generator-generator yang nantinya memproduksi listrik. Selain itu, para nelayan juga memanfaatkan angin dan ombak laut dalam mencari ikan.

Bio Massa

Bio Massa merupakan sisa makhluk hidup yang mati namun jasadnya dapat dimanfaatkan oleh manusia. Contoh dari sumber daya alam bio massa adalah sisa kulit kayu, serbuk kayu, hingga tanaman busuk yang menjadi kompos. Di samping itu, sisa kotoran hewan juga dapat digunakan sebagai energi alternatif untuk pengganti bahan bakar atau yang dikenal dengan biogas.

Panas Bumi

Energi panas bumi atau yang lebih dikenal dengan geothermal merupakan salah satu contoh sumber daya alam yang bisa diperbaharui. Hal ini karena panas bumi dianggap sangat ideal dijadikan alternatif sumber kekuatan untuk membangkitkan listrik karena bersih dan ramah lingkungan.

Energi Nuklir

Meskipun tidak terbentuk secara alami, namun bahan pembentuk atom berasal dari pemecahan atom yang dapat dikembangkan dengan proses tertentu. Seiring perkembangan teknologi, ada banyak negara yang menjadikan nuklir sebagai sumber tenaga pembangkit listrik. Meski demikian, penggunaan nuklir oleh sebuah negara diawasi dengan sangat ketat karena radiasi yang dihasilkan oleh nuklir sangat berbahaya bagi manusia.

Itulah beberapa contoh sumber daya alam yang memiliki kuantitas sangat banyak karena terbentuk secara alami oleh proses alam. Semoga ulasan tentang sumber daya alam yang dapat diperbaharui di atas bermanfaat bagi Anda.

9 Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui beserta Contohnya