Apa Manfaat Nikel Untuk Manusia? Dari Skala 1 - 10, Hasil Tambang Ini Mendapat Nilai 9!

Pada artikel ini, penulis akan menjabarkan beberapa manfaat nikel yang sebenarnya dapat anda rasakan ketika menjalani kehidupan sehari hari. Tidak sadar apa saja kegunaannya?

Membahas tentang nikel, hasil tambang yang satu ini mempunyai unsur kimia dengan bentuk metal dan biasanya ditambang di daerah – daerah tertentu.

Nikel mempunyai nama dan nomor atom 28 yang sekarang ini mempunyai lambang Ni. Bila anda bingung, kenapa nikel mempunyai unsur metal, padahal nikel asli yang baru ditambang memiliki sifat lembek dan dapat dibentuk. Ini karena biasanya, nikel mempunyai proses yang olahannya dengan cara dipadukan dan dicampurkan dengan logam lain, seperti besi dan krom. Ketika ditempa, nikel mempunyai ciri berwarna putih keperakan.

Nikel adalah hasil tambang yang merupakan elemen pembentuk inti bumi. Diketahui dari data yang ada, 10% inti bumi terbbentuk dari nikel.

Karena merupakan salah satu unsur yang membentuk inti bumi, tidak jarang nikel cukup sulit ditemui dan ditambang. Pun, umumnya nikel yang didapat dari hasil tambang mempunyai asal dari larutan nikel yang berada di laut, dengan kisaran jumlah sekitar 8 juta ton.

Fakta Umum Tentang Nikel

Nama : Nikel / Nickel
Lambang : Ni
Nomor atom : 28
Massa Atom : 58.71 gr/mol
Kepadatan : 8.9 gr / cm3
Titik lebur : 1453 C
Titik Didih : 2913 C
Isotop : 10
Penemu : Alex Constedt

Nikel sendiri di dunia memiliki banyak manfaat dan kegunaan, terutama dalam bidang industri baja dan kebutuhan hidup sehari hari.

Manfaat Nikel di Kehidupan Sehari-Hari

Manfaat Nikel Untuk Manusia
Apa Manfaat Nikel Untuk Manusia? Dari Skala 1 - 10, Nilai Hasil Tambang Ini Ada di 9!

Ternyata, tak jarang ditemui bahwa nikel sering dimanfaatkan untuk kehidupan manusia. Beberapa industri memang menggunakan nikel sebagai bahan dasar produksi. Berikut ini adalah manfaat dan kegunaan nikel yang biasanya dimaksimalkan oleh manusia.

1. Campuran Bahan Pembuatan Stainless Steel - Manfaat Nikel Untuk Rumahan

Bila menggunakan besi biasa atau steel, produk memiliki kecenderungan yang mudah mengalami karat atau stain ketika mengalami proses osidasi, seperti trkena air ataupun udara. Dengan adanya campuran nikel dan krom, akan tercipta jenis besi yang tahan akan karat, yaitu stainless steel.

Stainless steel adalah besi anti karat yang populer dan sering digunakan industri. Beberapa benda dan produk dari stainless steel yang akrab dalam kehidupan kita sehari-hari:

  • Peralatan makan, seperti sendok, garpu dan sumpit
  • Pembuatan knalpot motor dan mobil
  • Rantai jam tangan
  • Besi – besi pada konstruksi bangunan
  • Peralatan sanitasi, seperti kran air dan shower.

2. Campuran Besi Baja - Manfaat Nikel Untuk Industri

Jenis jenis baja kuat biasanya memperlibatkan hasil tambang nikel ketika proses pembuatan dan campurannya. Biasnaya, besi baja yang mempunyai andil nikel di dalamnya mempunyai kekuatan yang lebih baik dibandingkan besi baja yang dicampu alumunium. Disamping itu, besi baja dengan campuran nikel dipastikan memiliki ketahan terhadap karat yang lebih baik dibandingkan besi baja murni, walaupun tidak sebaik stainless steel. Beberapa aplikasi dapat kita lihat secara langsung, antara lain:

  • Sebagai pembuatan konstruksi jembatan, jalan laying, dan gedung
  • Sebagai rel kereta.

3. Sering Digunakan Pada Bidang Otomotif dan Variasinya

Bila anda seorang penggila dan mempunyai hobi di bidang otomotif, nikel adalah salah satu yang familiar untuk anda, bukan? Umum digunakan, nikel dan krom sering menjadi bahan lapisan tambahan pada part – part otomotif agar menjadi lebih kinclong dan menarik. Dengan adanya lapisan ini, seringkali digunakan juga untuk mencegah munculnya karat, dapat juga menjaga kualitar part agar tidak cepat rusak. Beberapa yang mungkin anda ketahui adalah:

  • Velg
  • Rangka
  • Bumper
  • Knalpot
  • Bagian – bagian kecil, seperti pijakan kaki, handle rem dan spion.

4. Pelapis Senjata - Manfaat Nikel Untuk Militer

Nikel dengan sifatnya yang kuat dan anti karat, sering juga dimanfaatkan sebagai pelapis terluar untuk berbagai senjata produksi pabrikan ternama. Dengan adanya lapisan nikel pada bagian luar senjata, dapat dipastikan senjata akan bertambah baik, karena menjadi lebih kuat dan tahan karat serta tidak mudah mengalami korosi.

Meskipun pada poin nomor empat manfaat nikel tidak ditemui pada aktivitas dan kegiatan sehari-hari manusia, tetap saja nikel merupakan penyumbang andil terbesar pada poin tersebut. Setuju?

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Manfaat Nikel Untuk Manusia? Dari Skala 1 - 10, Hasil Tambang Ini Mendapat Nilai 9!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel