Dataran Tinggi Adalah Suatu Fenomena Bumi Yang Unik, Tahu Alasannya?

Salah satu syarat dataran dapat disebut sebagai dataran tinggi adalah ketinggiannya melebihi 700 m di atas permukaan air laut. Umumnya, suatu dataran tinggi mempunyai suhu udara yang sejuk dan tergolong lebih dingin dari biasanya. Material tanahnya pun sangat subur dan cocok sekali untuk budidaya dan pengembangan hasil bumi pertanian.

Mungkin, beberapa dari anda mempunyai pandangan  bahwasanya dataran tinggi adalah dataran yang sempit dan luas areanya hanya sebatas langkah kecil. Itu salah. Tidak semua dataran tinggi mempunyai luas area yang sempit, pun juga terdapat dataran tinggi yang luas areanya sangat luas dan tidak terbatas. Dataran tinggi dengan kriteria wilayah yang luas disebut dengan plateau, atau plato.

Definisi plato sendiri adalah dataran tinggi yang luasnya bergelombang dan mempunyai kontur berbukit. Biasanya, letak plato berada 200 meter di atas permukaan air laut. Dataran tinggi yang disebut plato biasanya terbentuk dari hasil sedimentasi dan erosi. Di Indonesia, ada beberapa dataran tinggi yang bisa masuk dalam kategori plato, yakni:

  • Dataran tinggi Dekan
  • Dataran tinggi Alas
  • Dataran tinggi Dieng
  • Dataran tinggi Gayo
  • Dataran tinggi Malang

Kembali ke topik..

Dataran Tinggi Adalah..

Dataran Tinggi Adalah
Dataran Tinggi Adalah Suatu Dataran Yang Unik, Ini Pembahasannya | Amuzigi.com

Seperti yang penulis sebutkan di paragraf awal, dataran tinggi adalah suatu dataran yang terdapat pada ketinggian tertentu, biasanya 700 mdpl.

Lalu, bagaimana suatu dataran bisa dibilang sebagai dataran tinggi?

Beberapa ciri harus dipenuhi pada suatu dataran untuk dapat dikategorikan sebagai dataran tinggi. Ciri dataran tinggi adalah:

1. Punya Iklim Yang Sejuk

Ciri dataran tinggi yang pertama adalah memiliki iklim yang sejuk. Maksud dari iklim yang sejuk berarti tidak terlalu panas layaknya beberapa kawasan di Indonesia. Bahkan, di beberapa dataran tinggi iklim dan suhunya tergolong dingin. Pada dataran tinggi, bila cuacanya tergolong terik pun tidak akan terlalu terasa, karena pasti ciri dari dataran tinggi sendiri adalah suhu dan iklimnya sejuk. Apalagi saat malam hari tiba, iklim sejuk akan berubah menjadi dingin menyengat. Karakteristik air di dataran tinggi pun terasa layaknya es. Bila tidak terbiasa, meminum air di dataran tinggi bisa membuat anda tidak terbiasa dan menggigil.

2. Amplitudo Suhu Harian dan Tahunan Yang Besar

Dataran tinggi dipastikan mempunyai amplitudo suhu harian dan tahunan yang tergolong besar. Ini adalah salah satu ciri khas dari dataran tinggi. Kenapa? Karena bentang alam lainnya tidak memiliki ciri ini, hanya dataran tinggi yang secara khusus mempunyai ciri seperti ini.

3. Area Pertaniannya Terasering

Bila anda menemukan daratan dimana pertaniannya sebagian besar terbentuk seperti undak undakan, dapat dipastikan wilayah tersebut adalah dataran tinggi. Undakan inilah yang dimaksud dengan terasering. Dengan kontur tanah yang biasanya miring, tanah pertanian akan dibuat seperti undakan atau terasering. Apa guna terasering pada pertanian di dataran tinggi. Perlu anda ingat, dataran tinggi adalah wilayah rawan terkena erosi. Tujuan dari pertanian mempraktekan metode terasering pada hasil tani adalah agar erosi dapat dihindari dan tidak terjadi. Pun, keunggulan terasering adalah membuat pemandangan dan panorama dataran tinggi semakin lebih menarik. Setuju?

4. Udara Lebih Kering

Ciri lain dari dataran tinggi adalah udaranya yang lebih kering. Jadi, meskipun mempunyai iklim yang sejuk, tetap saja sifat udara di dataran tinggi terasa kering.

5. Kelembaban Udara Yang Rendah

Daerah dataran tinggi memiliki tingkat lengas atau kelembaban udara nisbi yang sangat rendah. Hal ini sangat rendah apabila dibandingkandengan daerah lainnya yang bukan merupakan dataran tinggi.

6. Jarang Sekali Hujan

Kenapa dataran tinggi jarang terjadi hujan walaupun iklimnya dingin dan sejuk? Ini karena sifat udara dingin sebagai ciri utama dari dataran tinggi. Meskipun jarang terjadi hujan, tetap saja dataran tinggi ideal untuk dijadikan lahan tanam dan pertanian. Kenapa? Tentu saja karena tidak adanya banjir. Pun, walau jarang hujan, pasokan air di dataran tinggi tetap bisa terkontrol dengan baik.

Dataran tinggi adalah suatu hal yang menurut penulis tidak sulit untuk dipahami. Terlebih, dengan panduan dan informasi di atas, memahami dataran tinggi akan terasa sangat mudah, bukan?

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Dataran Tinggi Adalah Suatu Fenomena Bumi Yang Unik, Tahu Alasannya?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel