Jenis Batuan - Mulai Dari Beku, Sedimen Hingga Metamorf, Mana Yang Terpenting?

Ilmu geologi akan melulu membahas tentang jenis batuan. Bila di ibaratkan, jenis jenis batuan dalam ilmu geologi adalah sebuah lapangan dan bola. Ketika membahas lapangan, akan juga membahas bola, begitu juga sebaliknya. Seperti yang penulis lansir dari Penguin Dictionary of Geology, batuan yang bila diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris berarti 'rock,' punya definisi yang berarti kumpulan material susunan atas satu dan jenis ragam material lainnya. Material ini, nantinya mempunyai fungsi untuk salah salah satu dan beberapa komponen penyusun kerak bumi.

Bila menelisik perihal jenis batuan, akan ada beberapa pembeda, kira-kira, ada tiga yang perlu Anda ketahui. Beberapa jenis batuan tersebut adalah batuan beku, batuan metamorf dan batuan sedimen.

Baca juga: Contoh Batuan Metamorf

jenis jenis batuan | batuan beku, batuan sedimen, batuan metamorf | amuzigi.com
Jenis Jenis Batuan | Amuzigi.com

Jenis Batuan - Beku

Bisa juga disebut 'igneous rock,' batu ini adalah salah satu jenis yang berasal dari pengerasan magma dan proses pendinginan dalam kurun waktu yang lama. Batuan jenis ini terbentuk tanpa melalui proses kristalisasi terlebih dulu, jenis batuan satu ini juga mempunyai beberapa klasifikasi yang dikelompokkan ke dalam beberapa jenis dengan faktor pembeda seperti indeks warna, indeks genetik dan segi kandungan silika yang dibawa. Bila melihat dari faktor genetik, terdapat dua lagi cabang bawahnya, yakni intrusi dan ekstrusi.

Disamping itu, bila melihat berdasar indeks warna, empat kelompok batuan beku terdapat di dalamnya, yakni leucocratic, melaonocratic, mesocratic dan hypermelanic. Jika melihat dari sisi kandungan silika, ada empat kolompoknya, antara lain batuan beku asam, beku menengah, beku basa dan beku ultrabasa.

Contoh Batuan Beku

Lalu, apa saja contoh jenis batuan beku yang bisa dilihat? Batuan beku yang termasuk dalam kategori beku intrusi adalah syienit, granit, gabro, granodiorit dan sebagainya. Sedangkan batuan yang tergolong sebagai batuan beku esktrusi adalah basalt, dasit, andesit, dunit dan lainnya.

Jenis Batuan - Sedimen

Disebut juga dengan sebutan 'sedimentary rock,' ini adalah salah satu jenis batuan endapan yang berasal dari kata sedimentum yang juga punya arti penenggelaman. Jenis batuan bumi ini terbentuk dan berasal dari batu lainnya yang membeku dan batuan metamorf ataupun bahkan dari batuan sedimen itu sendiri. Bagaimana proses pembentukannya? Batuan sedimen terbentuk ketika proses alam mengalami kejadian alami seperti pelapukan, erupsi gunung berapi, penguapan, longsor dan lainnya.

Contoh Batuan Sedimen

Layaknya batuan beku, sedimen pun punya beberapa klasifikasi dan kategori berbeda. Tepatnya ada empat kategori, yakni terrigeneous clastics, chemical precipitates-evaporates, biochemichal-biogenic-organic deposits dan volcaniclastics. Bebebrapa contoh jenis batuan yang termasuk ke dalam kelompok batuan sedimen adalah batu gamping, konglomerat, batu breksi, batu serpih, batu pasir dan lainnya.

Jenis Batuan - Metamorf

Yang terakhir adalah jenis batuan yang sering disebut sebagai batu metamorf. Dalam bahasa Inggris, batu metamorf sering diartikan dengan sebutan 'metamorphick rock,' sesuai dengan nama yang diberikan, batuan ini adalah batu yang proses pembentukannya melalui proses yang disebut metamorfis. Ini adalah proses yang mempunyai sebab dari batuan asal (beku, sedimen, metamorf) mengalami beberapa perubahan drastis yang terlihat dari sisi tekstur, struktur dan komposisi material karena adanya reaksi dari larutan kimia aktif, tekanan dan panas tinggi.

Contoh Batuan Metamorf 

Beberapa jenis batuan yang tergolong sebagai batu metamorf adalah amfibolit, batu sabak, genes, marmer, sekis, kuarsit dan lainnya.

Baca juga: Marmer merupakan jenis batuan metamorf asal batu kapur

Masih kurang?

Penjelasan tentang jenis batuan di atas adalah versi sedikit dan kilas yang hanya membahas sedikit pengetahuan tentang jenis dari batuan yang memang umum untuk Anda ketahui. Namun, sebenarnya banyak sekali klasifikasi tambahan dan kategori turunan dari beberapa jenis batuan yang baru penulis jabarkan di atas.

Untuk topik pembahasan yang lebih spesifik, informasi tambahan dan studi kasus hal lainnya, Anda bisa mendapatkannya juga di blog ini secara lengkap dan mendalam.

Perihal artikel yang membahas jenis batuan, penulis rasa sekilas informasi yang padat dan memang persis yang dibutuhkan cukup untuk memenuhi studi yang Anda lakukan. Setuju?

Jenis Batuan - Mulai Dari Beku, Sedimen Hingga Metamorf, Mana Yang Terpenting?