Sering Diremehkan, Ternyata Komposisi Minyak Bumi Indonesia Berbeda! Ini Penjelasannya..

Komposisi Minyak Bumi - Dengan penampakan fisiknya yang sangat beragam, bahkan dengan pandangan sekilas pun komposisi minyak bumi dapat Anda juga simpulkan amat beragam jenisnya. Walaupun secara prinsip dasar, penampakan fisik minyak bumi berbanding lurus dengan komposisinya.

Minyak bumi pada dasarnya hanya bisa di dapat dari sumur pengeboran minyak yang awalnya berupa lumpur warna dominan hitam dan coklat gelap. Meskipun beberapa kasus ditemukan, terdapat minyak bumi dengan warna kekuningan, kehijauan dan kemerahan. Seperti yang penulis jabarkan pada paragraf pertama, dengan beragamnya warna, pun berbeda pula komposisi minyak bumi. Hasil dari pengeboran minyak bumi ini disebut dengan minyak mentah, bahasa Inggris populernya adalah crude oil.

Tersusun berdasar senyawa hidrokarbon yang berbeda jenisnya, perbedaan ini dapat dinilai dengan beberapa faktor dan masukan. Faktor tersebut bisa jadi adalah faktor umur, suhu bentuk dan cara pembentukannya. Paling dominan ditemukan di Indonesia, komposisi minyak bumi-nya mengandung banyak senyawa aromatik, salah satunya adalah benzena.

Tentu ini sangat berbeda dengan komposisi minyak bumi yang ditemukan pada negara lain. Sebagai contohnya, dominan minyak bumi dari negara Rusia mengandung banyak senyawa sikloalkana, salah satunya adalah sikloheksana.

Bukan hanya sekadar kata, berdasarkan analisis yang telah dilakukan, sangat banyak komposisi minyak bumi dan senyawa yang dikandungnya, beberapa senyawa yang biasanya ditemukan adalah hidrokarbon seperti, alkana, sikloalkana dan hidrokarbon aromatik.

Dari pembahasan singkat perihal komposisi minyak bumi di atas, tidak akan lengkap bila tidak membahasnya satu per satu. Setuju?

Mari kita bahas dari awal sampai akhir beberapa komposisi dan senyawa yang ada di dalam minyak bumi.

Alkana

Golongan senyawa alkana yang paling banyak ditemui pada minyak bumi adalah n-alkana dan isoalkana. N-alkana adalah salah satu senyawa jenuh berantai lurus dan tidak punya cabang satupun. Contohnya adalah n-oktana.

Isoalkana merupakan alkana jenuh yang rantai induknya mempunyai atom C tersier dan bercabang, contoh isooktana. Sedangkan isoalkana, ini adalah senyawa yang punya rantai induk dan mengandung atom C tersier dan punya cabang. Contohnya adalah isooktana.

Alkana bisa juga disebut dengan sebutan parafin. Parafin sendiri adalah komposisi minyak bumi yang tergolong dalam senyawa hidrokarbon saturasi. Artinya, senyawa ini punya rantai lurus atau bercabang dengan molekul yang terdiri dari atom karbon C dan hidrogen H.

Sikloalkana

Adalah salah satu komposisi minyak bumi dan merupakan senyawa hidrokarbon berantai tunggal dengan bentuk cincin. Umum ditemui sikloalkana dominan di minyak bumi adalah siklopentana. Contohnya, seperti; metil siklopentana dan sikloheksana seperti etil sikloheksana.

Dikenal juga dengan nama naptena. Naptena adalah senyawa hidrokarbon saturasi dengan rumus umum CnH2n dan punya ciri yang hampir mirip dengan alkana. Tapi, titik didih sikloalkana cenderung lebih tinggi dari senyawa alkana.

Hidrokarbon Aromatik

Ini adalah salah satu komposisi minyak bumi yang tidak tersaturasi. Senyawa hidrokarbon aromatik juga punya satu atau lebihi cincin dengan nama planar karbon-6 atau disebut cincin benzena. Di struktur ini, atom hidrogen selalu terkait dengan atom karbon, rumus umumnya adalah CnHn.

Cirinya, jika hidrokarbon aromatik dibakar akan timbul asap hitam yang pekat dengan sifatnya yang karsinogen. Umum ditemui dalam komposisi minyak bumi yang ada di Indonesia, senyawa hidrokarbon aromatik yang ada dan dominan adalah benzena, seperti etil benzena.

Tambahan lagi mengenai komposisi minyak bumi, umumnya terdapat lima unsur kimia di dalamnya, yakni  83-87% karbon, 10-14% hidrogen, 0,05-6% belerang, 0,05-1,5% oksigen, 0,1-2% nitrogen, dan < 0,1% unsur logam. Disamping itu, komposisi minyak bumi perihal molekul hidrokarbun ini tergantung dan berdasarkan berat didalamnya (lihat gambar).

Tabel Komposisi Minyak Bumi dan Penjabaran Lengkapnya | Amuzigi.com
Tabel Komposisi Minyak Bumi | Amuzigi.com

Yap, sekilas pandang mengenai komposisi minyak bumi di atas adalah yang paling penting untuk Anda ketahui. Bukan berarti yang lainnya tidak penting. Tapi, pembahasan tentang komposisi dan juga senyawa dalam konteks minyak bumi di artikel ini akan sangat menunjang Anda perihal pengetahuan yang juga bersangkutan. Semoga kita sepemahaman.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sering Diremehkan, Ternyata Komposisi Minyak Bumi Indonesia Berbeda! Ini Penjelasannya.."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel