Mengupas Tuntas Letak Geografis dan Alasan Mengapa Anda Harus Bersyukur Lahir di Indonesia

Mungkin salah satu yang jarang luput dari perhatian kita adalah hal kecil yang menurut saya sebagai penulis sekaligus orang awam adalah, kita jarang bersyukur.

Yap, jarang dan kurang bersyukur.

Jika Anda membaca artikel ini dan mencari pengetahuan ataupun informasi singkat perihal letak geografis, mungkin akan sedikit diluar konteks ketika membaca kalimat pada paragraf pertama. Betul?

Tapi tunggu dulu, saya punya penjelasan ilmiah-nya. Dan yang pasti, tentu berhubungan dengan konteks pembahasan dalam artikel ini, yaitu letak geografis.

"Apa hubungannya antara kurang bersyukur dan letak geografis?"

Secara kasat mata, memang tidak ada hubungannya sama sekali.

Namun memang patut diakui, Indonesia terletak di lokasi yang strategis. Sangat strategis bahkan. Untuk Anda yang tinggal di Indonesia, bersyukur adalah langkah yang tepat akan hal ini.

Kenapa?

Dengan lokasi dan letak geografis yang strategis, Indonesia mempunyai beberapa keuntungan. Dan tentu saja, Anda yang tinggal di tanah air Indonesia juga mendapat manfaat dari keuntungan ini.

"Apa keuntungan yang saya dapatkan?"

Tenang dulu, akan kita bahas, dalami dan teliti satu per satu. Namun sebelumnya, ada baiknya membahas sedikit perihal letak geografis Indonesia melihat dari sisi geografis dan astronomis-nya.

Indonesia Dari Sisi Geografis dan Astronomis

letak geografis

Secara geografis, tanah air Indonesia persis terletak di antara Benua besar. Yakni benua Australia dan Asia dan dihimpit juga dengan Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Sedangkan secara astronomis, tanah air berada pada 6 derajat LU (Lintang Utara) - 11 derajat LS (Lintang Selatan) lalu 95 derajat BT (Bujur Timur) - 141 derajat BT (Bujur Timur.)

Pengaruh Letak Geografis Tanah Air Indonesia

Dengan posisi yang persis terletak di antara dua samudera yang ukurannya amat besar, Indonesia dengan segala keuntungannya mempunyai dampak angin laut yang membawa banyak hujan di tanah air. Inilah mengapa Indonesia termasuk salah satu negara dengan tingkat curah hujan tertinggi. Dengan begitu, bisa dibilang Indonesia memiliki iklim yang teramat tropis.

Apa selanjutnya?

Hal inilah yang membuat negara Indonesia hanya mempunyai dua musim saja. Kenapa? Ya karena angin laut yang tadi saya jabarkan, pengaruh angin laut kencang yang hanya berhembus enam bulan sekali-lah yang menjadi penyebab Indonesia mempunyai dua musim.

"Ah! Hanya iklim tropis saja? Tidak ada keuntungan lainnya?"

Tunggu dulu. Saya belum selesai. Bahkan, saya baru memulai pembahasan ini.

Bukan hanya sekadar iklim tropis dan tingkat curah hujan yang tinggi. Indonesia dengan segala keuntungan lokasi yang strategis mempunyai dampak positif yang bisa kita lihat secara kasat mata sampai saat ini. Apa saja? Keberagaman budaya, seni, bahasa, adab dan agama adalah beberapa diantaranya.

Yap, banyaknya variasi dan variabel membuat Indonesia secara tidak langsung kaya akan sumber daya alam maupun manusia.

Secara ilmiah, hal ini disebut dengan Cross Position. Artinya, Indonesia dengan keunggulan dan keuntungan dari lokasi dan letak geografis yang strategis membuat tanah air kita mudah dijangkau oleh bangsa lain dan seringkali menjadi mitra dagang dengan negara tetangga jauh maupun dekat. Apa efeknya? Tentu perekonomian Indonesia meningkat pesat dan tidak terhingga juga efeknya untuk penduduk.

Pengertian Cross Position dan Hubungan Dengan Letak Geografis

Poin ini membahas singkat pernyataan dan arti Cross Position dalam poin sebelumnya yang juga sudah saya jabarkan. Cross Position juga dapat digolongkan menjadi keuntungan tanah air Indonesia berkat letak geografis yang strategis. Berkat hal ini, Indonesia mempunyai dua musim, yakni musim kemarau dan musim penghujan. Pun, Cross Position berdampak pada kekayaan yang teramat sangat perihal keberagaman flora dan fauna. Dan sebagai tambahan, sumber daya alam Indonesia pun adalah salah satu efek dari adanya Cross Position. Dampaknya, mineral-mineral penting ada dan lengkap pada bumi Indonesia!

Beberapa Negara Mitra Indonesia Karena Letak Geografis Yang Strategis

Seperti yang saya jabarkan dalam poin sebelumnya, keuntungan lokasi dan letak geografis yang strategis membuat negara Indonesia seringkali berhubungan dagang dengan beberapa negara yang juga merupakan negara berkembang, seperti; Jepang, Korea, China dan negara Asia lainnya. Bahkan, di beberapa kasus Indonesia juga pernah menjalin hubungan dagang dengan beberapa negara adidaya di Afrika dan Eropa, lho!

Yap, sampai sudah pada poin terakhir pembahasan letak geografis dan pembahasan tentang Indonesia dengan segala keuntungan dan manfaatnya karena mempunyai letak geografis yang sungguh amat strategis.

Bagaimana pendapat Anda, apakah Anda termasuk ke dalam kategori yang jarang dan kurang bersyukur?

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengupas Tuntas Letak Geografis dan Alasan Mengapa Anda Harus Bersyukur Lahir di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel