Negara India - Bahasan yang Meliputi Profil, Letak Astronomis, Ekonomi dan Hal Penting Lainnya

Negara India, dengan jumlah penduduk yang mencapai terbanyak posisi kedua di dunia terletak persis di Asia Selatan. Mempunyai nama lengkap Republik India, jumlah penduduknya kurang lebih sebanyak 1,26 miliar jiwa.

Dengan mayoritas penduduk beragama Hindu (sekitar 79,8%) dan Islam (sekitar 14,2%). India adalah negara terbesar posisi ketujuh di dunia dengan luas wilayah sebesar  3,28 juta km2.

Letak Astronomis dan Perbatasan Negara India

Negara India
Negara India - Bahasan yang Meliputi Profil, Letak Astronomis, Ekonomi dan Hal Penting Lainnya

Melihat letaknya dari segi Astronomis, India persis berada di antara 8°LU – 37°LU dan 68°BT – 97°BT. Negara yang berbatasan langsung dengan India adalah Nepal, Bhutan dan Tiongkok di sebelah Utaranya, sedangkan di sebelah selatannya adalah Samudera Hindia dan selat Palk yaitu selat yang memisahkan India dan Srilanka.

Pada bagian timur, India berbatasan langsung dengan Myanmar, Bangladesh dan Teluk Benggala. Pada bagian barat, India berbatasan dengan Laut Arab dan juga dengan Pakistan.

Negara India mempunyai deretan daftar sungai sungai yang cukup besar luasnya, antara lain; Sungai Gangga, Sungai Brahmaputra, Sungai Yamuna, Sungai Godavari dan Sungai Krishna. Pada bagian utara dan timur laut India adalah pegunungan Himalaya.

Sistem Pemerintahan India

Pada sistem pemerintahannya, India adalah negara yang menganut sistem pemerintahan Republik Federal Parlementer yaitu sistem pemerintahan yang kepala negaranya adalah Presiden dan kepala pemerintahannya adalah seorang Perdana Menteri yang dipilih melalui pemilihan umum setiap lima tahun.

Ekonomi dan Perkembangan India

Melihat dari sisi dan bidang ekonomi-nya, India adalah negara yang mempunyai pertumbuhan ekonomi cukup tinggi, GPD atau yang disebut dengan pendapatan domestik bruto (PDB) India kurang lebih sudah mencapai US$2,25 triliun dan merupakan salah satu negara dengan ekonomi terbesar di dunia.

Kenapa bisa? Beberapa sektor mempunyai andil yang cukup besar. Dari banyak sektor, tiga yang paling banyak andil dalam pertumbuhan ekonomi India, adalah; sektor Agrikultur/Pertanian (16,5%), Industri (29,8%) dan Layanan Jasa (45,4%).

Negara India sendiri mempunyai produk utama dalam bidang pertanian dan agrikultur-nya, antara lain; Padi, gandum, Teh, kentang, perikanan, Kambing, Sapi, tebu dan kapas.

Selain itu, India juga merupakan negara dengan hasil tebu yang paling besar posisi kedua, dengan produksi hasil tebu sebesar 341,2 juta ton pada tahun 2015. Pada sekotr industri, India terkenal dengan beberapa produksi produk, seperti; tekstil, kimia, pengolahan makanan, alat-alat transportasi, baja, minyak, farmasi, semen, pertambangan, mesin dan perangkat lunak (software).

Hubungan Diplomasi India

Melihat hubungan luar negeri dan diplomasi-nya, India adalah salah satu anggota PBB dan juga lembaga-lembaga di bawah PBB lainnya, BRICS, G-20, OECD, IORA dan Interpol.

Profil Negara India

Nama Lengkap : Republik India (Republic of India)

Nama Lokal : Bharatiya Ganarajya

Bentuk Pemerintahan : Republik Federal Parlementer

Kepala Negara : Presiden Pranab MUKHERJEE (sejak 22 Juli 2012)

Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Narendra MODI (sejak 26 Mei 2014)

Ibukota : New Delhi

Luas Wilayah : 3.287.263 km2

Jumlah Penduduk : 1.266.883.598 jiwa

Pertumbuhan Penduduk : 1,19%

Agama : Hindu 79.8%, Muslim 14.2%, Kristen 2.3%, Sikh 1.7%, agama lainnya 2%

Bahasa Resmi : Hindi

Mata Uang : Rupee India (INR)

Hari Nasional : 26 Januari 1950 (hari republik); hari kemerdekaan 15 Agustus 1947 (dari Inggris)

Lagu Kebangsaan : “Jana-Gana-Mana” (Thou Art the Ruler of the Minds of All People)

Kode Domain Internet : .in

Kode Telepon : 91

Pendapatan Domestik Bruto : US$ 2,251 triliun (2015)

Pendapatan Per Kapita : US$ 6.700,- (2016)

Yap, itu dia pembahasan tentang negara India yang meliputi berbagai hal penting yang menurut penulis patut anda ketahui lebih jelasnya. Masih ada yang kurang?

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Negara India - Bahasan yang Meliputi Profil, Letak Astronomis, Ekonomi dan Hal Penting Lainnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel