Tidak Diketahui Banyak Orang, Sumber Data SIG Sangat Berharga, Layaknya Emas!

Darimanakah sumber data SIG berasal? Kalau pertanyaan tersebut sedang anda cari jawabannya, penulis memiliki pembahasan lengkap tentang hal ini.

Mari sedikit membahas tentang istilah Sistem Informasi Geografis (SIG) lebih dulu. SIG adalah gabungan dari tiga unsur pokok. Unsur pokok ini sendiri merupakan ketiga singkatan dalam kata SIG, yakni: sistem; informasi; dan geografis. Padanan kata bahasa Inggris-nya adalah Geographic Information System, disingkat GIS.

SIG adalah sistem berupa informasi khusus yang mempunyai kemampuan mengelola data berupa informas spasial, yang berarti mengacu pada referensi keruangan.

Tidak bergerak sendirian, ada beberapa komponen yang mendukung adanya SIG. Kurang lebih, ada lima komponen yang bekerja dan berintegrasi antara satu dengan lainnya, antara lain:

  1. Perangkat keras (hardware)
  2. Perangkat lunak (software)
  3. Manusia
  4. Metode
  5. Data

Jadi, sumber data sistem informasi geografis bisa dilihat ketika kelima komponen diatas bekerja dengan baik dan berintegrasi dengan benar sesuai prosedur yang ada. Layaknya suatu program, ada software SIG yang keberadaannya dapat digunakan untuk menghasilkan gabungan dari data spasial dan data non spasial (atribut).

Penulis sudahi pembasahan tentang pengertian dari sistem informasi geografis. Selanjutnya, penulis akan membahas apa yang ingin anda ketahui sedari tadi.

Sumber Data SIG, Apa Saja?

Sumber Data SIG
Tidak Diketahui Banyak Orang, Sumber Data SIG, Layaknya Emas!

Ada tiga beberapa sumber data yang digunakan ketika ingin mengetahui informasi dengan perangkat lunak sistem informasi geografis, antara lain:

1. Data Lapangan (Teristis)

Sesuai dengan namanya, data ini diperoleh dengan cara langsung datang dan terjun ke lapangan. Data lapangan juga bisa disebut dengan data primer. Sebagai contoh, beberapa yang termasuk dalam kategori data lapangan, adalah: data sensus penduduk; kesuburan dan keasaman (PH) tanah curah hujan; dan suhu.

Pada data sensus penduduk, ada beberapa komponen yang mencangkupnya, antara lain: jenis kelamin, komposisi penduduk, dan ekonomi penduduk.

2. Data Peta

Data ini bisa dibilang adalah "data jadi". Secara pasti, data ini sudah ada dalam bentuk peta dan sudah siap digunakan. Untuk mendukung serta menunjang keperluan SIG lewat komputerisasi, data dari peta kemudian akan dikonversi menjadi data digital.

Tentunya, tidak sembarang peta yang bisa digunakan. Peta ini harus memenuhi beberapa syarat lebih dulu untuk bisa di konversi, antara lain:

  • Jarak antar titik peta sudah sesuai dengan jarak antar titik di permukaan bumi.
  • Luas wilayah pada peta sudah sesuai dengan bentuk asli di permukaan bumi.
  • Sudut dan arah garis di peta tersebut sudah sesuai dengan kondisi aslinya.
  • Bentuk objek dari peta harus benar dan sesuai dengan bentuk sesungguhnya di permukaan bumi.

3. Data Penginderaan Jauh

Data ini adalah yang paling sering digunakan perihal mencari sumber data SIG.

Data penginderaan jauh bisa dalam bentuk citra foto ataupun non-foto. Pun, ada beberapa kriteria dan proses yang berbeda perihal pengumpulan data melalui metode ini. Bila sumber data diambil melalui udara, akan diolah lebih dulu dengan metode interpretasi, yang kemudian disajikan dengan bentuk peta jadi. Bila sumber diambil dengan citra satelit dan sudah dalam format digital, sumber tersebut bisa langsung digunakan hanya dengan koreksi seadanya.

Kurang lebihnya, sumber data SIG akan diambil dengan ketiga metode yang sudah penulis jabarkan seperti di atas.

Mungkin timbul pertanyaan dalam benak anda, untuk apa data SIG yang kemudian sudah diolah menjadi bentuk data yang jadi? Sangat banyak dan memang tidak mempunyai batas hasil dari sumber data tersebut.

Seperti yang penulis bilang di paragraf sebelumnya, sangat banyak!

Faktanya, sumber data SIG saat ini menjadi sumber data yang sangat kongkrit dan berguna untuk bidang apapun. Mulai dari ekonomi hingga peperangan. Sumber data yang diambil melalui berbagai metode sistem informasi geografis ini ternyata sangat berharga, layaknya emas!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tidak Diketahui Banyak Orang, Sumber Data SIG Sangat Berharga, Layaknya Emas!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel