Bukan Hanya Lapisan Matahari, Ketahui Juga Hal Ini..

Berbicara tentang lapisan matahari, akan sangat disayangkan kalau tidak membahas beberapa variabel yang termasuk topik penting untuk anda ketahui.

Karenanya, beberapa aspek seperti pengertian, lapisan, dan fungsi dari matahari akan penulis bahas di artikel ini. Untuk pemanasan, mari bahas tentang pengertian matahari lebih dulu.

Pengertian Matahari

Merupakan pusat dari tata surya, matahari berbentuk seperti bola pijar yang besarannya sangatlah luas. Dengan ukuran berkisar 1,4 juta km dan bera kurang lebih 300 ribu kali dari bumi, matahari juga memiliki suhu teramat panas, kurang lebihnya 6000 derajat celcius. Beberapa data menyebutkan, matahari terbentuk dari kumpulan gas, hidrogen, dan helium.

Dari pembahasan singkat mengenai pengertiannya, mari langsung ke topik pembahasan inti.

Lapisan Matahari Adalah..

lapisan matahari
Pembahasan Lapisan Matahari | Amuzigi.com

Dari bentuknya, matahari mempunyai beberapa lapisan, yang terdiri dari: inti matahari, fotosfer, kromosfer, dan korona. Agar pemahaman anda lebih jelas, penulis akan ulas dan jabarkan di bawah.

1. Inti Matahari

Mempunyai suhu paling panas, yakni berkisar kurang lebih 15 juta derajat celsius. Suhu dan tekanan yang teramat tinggi ini dikarenakan faktor atom atom yang terpecah dan menjadi elektron, proton, dan neutron.

Ketika neutron tidak memiliki muatan, maka neutron akan pergi meninggalkan inti ke ara luar dari matahari. Reaksi dari fusi (pergerakan elektron dan proton yang proses terjadinya sangat cepat ini bertabrakan antara satu dengan lainnya) berlangsung di bagian ini dan menghasilkan pancaran keluar dengan bentuk berupa radiasi.

Inti matahari sendiri mempunyai zonasi khusus yang terbagi menjadi dua zona, antara lain:

  1. Zona Radioaktif - Ini adalah lapisan yang menyelubingi pada bagian inti, Dan lapisan ini mempunyai suhu dari dalam keluar ialah sekitar 7 sampai 2 juta derajat celsius.
  2. Zona Konvektif - Ini adalah lapisan yang suhunya sudah menurun. Suhu di lapisan ini sekitar 2 juta derajat celsius. Dan setelah keluar dari zona radiaktif atom-atom di bagian inti akan bergerak ke lapisan terluar dengan suhu yang lebih rendah.

2. Fotosfer

Lapisan ini merupakan permukaan dari matahari. Jaraknya kurang lebih sekitar 350 km. Lapisan fotosfer matahari juga disebut dengan lapisan cahaya. Disebut demikian karena lapisannya memiliki cahaya sendiri (energi panas) yang kuat dan bagian cahaya-nya terlihat hingga ke bumi. Diperkirakan, suhu pada lapisan fotosfer berkisar antara 6000 derajat celcius dengan tingkat ketebalan sekitar 500 km.

3. Kromosfer

Lapisan ini tepat berada di atas lapisan fotosfer dengan suhu sekitar 6000 hingga 50.000 derajat celcius. Biasanya, cahaya dari lapisan kromosfer nyaris tidak akan terlihat oleh mata telanjang. Hal ini dikarenakan lapisan fotosfer memiliki cahaya yang begitu terang sehinggga menutupi cahaya kromosfer.

Tapi, pada keadaan tertentu, baru akan terlihat lapisan kromosfer. Dalam kasus ini, biasanya gerhana matahari total akan menyebabkan lapisan kromosfer begitu jelas. Warna merah dominan akan terlihat karena kandungan helium yang begitu tinggi.

Pada lapisan ini, terdapat lapisan gas dinamis yang sering kali muncul dengan bentuk layaknya lidah api yang pancarannya hingga ketinggan mencapai 200.000 km. Pancaran ini disebut dengan istilah prominesia.

4. Korona

Lapisan ini adalah yang letaknya paling terluar pada bagian lapisan matahari. Lapisan yang dominan berwarna putih ini terlihat mengelilingi matahari ketika gerhana matahari terjadi. Lapisan korona memiliki suhu yang besarannya hingga jutaan derajat celcius. Lapisan ini berupa gas tipis yang bentuknya selalu berubah setiap waktu.

Fungsi Matahari

Sebagai penutup dari artikel ini, beberapa fungsi matahari perlu anda ketahui, antara lain:

  1. Pengaruh sinar infra merah
  2. Pengaruh sinar ultravilet yang bisa membasmi bibit penyakit
  3. Sumber energi yang baik
  4. Pembunuh mikroba yang baik
  5. Mengobati penyakit insomnia dengan menjemur diri dipagi hari
  6. Membantu suasana hati menjadi lebih baik karena sinarnya dapat merangsang sintesis edorfin
  7. Meringankan penyakit sendi dan arthritis
  8. Vitamin D, membantu menghambat pengembangan sel kanker dan melawan penyakit usus, leukimia, dan kanker payudara
  9. Bermanfaat mengurangi gula darah
  10. Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  11. Sinarnya mampu membentuk dan memperbaiki tulang-tulang
  12. Sebagai bahan dalam terjadinya proses fotosintesis.

Bila melihat fungsinya, ternyata matahari berperan penting keberadaannya untuk makhluk hidup di bumi, pun, juga termasuk manusia. Sungguh sebuah keajaiban, ya?

Kurang lebihnya, itulah pembahasan dari penulis tentang lapisan matahari, fungsi, dan pengertian matahari dengan singkat. Semoga cukup membantu anda dalam bidang apapun.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bukan Hanya Lapisan Matahari, Ketahui Juga Hal Ini.."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel