4 Ciri Batuan Beku Luar beserta Contohnya

Batuan Beku Luar Terbentuk di Permukaan Bumi

Secara garis besar, batuan yang berada di permukaan bumi dapat dikategorikan menjadi 3 dilihat dari proses terbentuknya yakni batuan sedimen, batuan malihan, dan batuan beku. Batuan sedimen adalah jenis batuan yang terbentuk akibat proses sedimentasi. Batuan malihan atau yang disebut dengan batuan metamorf merupakan batuan yang terbentuk dari proses metamorfosis, baik dari batuan asal ataupun material lain dari hewan. Sedangkan batuan beku merupakan batuan yang berasal dari magma baik dengan proses kristalisasi atau tidak. 

Batuan beku sendiri dapat dibagi menjadi 3 berdasarkan letak terbentuknya. Pertama adalah batuan beku dalam yang terbentuk jauh di bawah permukaan bumi, yakni di sekitar dapur magma. Kedua adalah batuan beku luar yang terbentuk di luar permukaan bumi. Dan yang ketiga adalah batuan beku gang atau korok yang terbentuk melalui celah-celah atau retakan yang letaknya tidak begitu jauh dari permukaan bumi.

Hingga saat ini, terdapat sekitar 700 jenis batuan beku yang ada di luar ataupun di dalam permukaan bumi. Sebagian besar batuan beku tersebut letaknya di bagian bawah permukaan kerak bumi. Pada kesempatan kali ini, kita akan lebih banyak membahas mengenai kbatuan beku luar.

Ciri-Ciri dan Contoh Batuan Beku Luar


 Contoh Batuan Beku Luar
Contoh Batuan Beku Luar

Setelah memahami secara garis besar mengenai jenis batuan beku, berikut adalah ulasan mengenai ciri batuan beku luar. Seperti yang dijelaskan di atas, proses pembentukan batuan beku berasal dari pemadatan, kristalisasi, dan pembekuan magma. Batuan beku luar atau sering juga disebut dengan batuan vulkanik (gunungapi) merupakan batuan yang terbentuk dimana magma membeku di luar permukaan bumi. Adapun ciri-ciri atau karakteristik batuan beku luar beserta contohnya adalah sebagai berikut:

Memiliki Butiran yang Halus
Ciri pertama batuan beku luar adalah tekstur batuan tersebut terdiri dari butiran-butiran halus. Salah satu contohnya adalah batu andesit. Batuan ini memiliki butiran halus dengan piroksen, plagioklas, hornblende, serta biotit sebagai mineral penyusunnya.

Contoh lain batuan beku luar adalah batu basalt. Batu ini memiliki tekstur dengan butiran halus, kepadatan tinggi, serta sangat berat. Berbeda dengan batu andseit, butiran halus yang dimiliki oleh batu basal berasal dari materi penyusun berupa augit, plagioklas, dan olivin.

Tidak Tersusun dari Kristal-Kristal Halus
Ciri batuan beku luar yang selanjutnya adalah tidak memiliki kristal-kristal halus layaknya batuan beku dalam dan batuan beku korok. Hal ini karena batuan beku luar terbentuk di atas permukaan bumi sehingga magma yang keluar mengalami proses pendinginan yang sangat cepat. Dengan begitu, maka kristal-kristal magma tidak akan terlihat pada batuan beku luar.

Tanpa adanya proses pengkristalan pada magma, maka batuan beku luar umumnya memiliki tekstur yang sangat halus, bahkan cenderung menyerupai kaca. Contohnya adalah batuan obsidian yang memiliki tekstur halus serta warna cerah.

Memiliki Warna yang Cerah
Sebagian besar batuan beku luar memiliki warna yang cerah jika dibandingkan dengan batuan beku dalam dan batuan beku korok. Hal ini selain dipengaruhi oleh mineral penyusun batuan tersebut, cahaya yang masuk selama proses pengerasan magma memberikan karakteristik warna cerah pada batuan beku luar. Contohnya adalah batu andesit, batuan basalt, batuan obsidian, dan batu apung.

Memiliki Rongga-Rongga
Ciri batuan beku luar yang berikutnya adalah terdapat rongga-rongga di permukaannya. Meski tak semua batuan beku luar berongga, namun hal inilah yang dapat digunakan untuk membandingkan batuan beku luar dengan batuan beku dalam dan korok.

Munculnya rongga-rongga pada batuan beku disebabkan oleh adanya gas yang terjebak selama pembentukan batuan beku luar. Gas yang terjebak di dalam magma akan menimbulkan bentuk berongga pada batuan beku luar. Contoh batuan beku luar yang memiliki rongga-rongga di dalamnya adalah batu apung.

Itulah beberapa ciri khas dari batuan beku luar. Melihat dari penjelasan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa ciri batuan beku luar adalah memiliki butiran halus, tidak terdapat bekas pengkristalan magma, memiliki warna cerah, serta memiliki rongga-rongga.

4 Ciri Batuan Beku Luar beserta Contohnya