Ciri Batuan Beku Korok dan Proses Terbentuknya

Ciri batuan beku korok – Batuan beku merupakan jenis batuan yang terbentuk dari proses pendinginan magma dengan suhu antara 600 hingga 1.300 derajat celcius. Dalam prosesnya, magma akan mengalami proses kristalisasi secara perlahan dan akhirnya menjadi keras dan padat. Menurut para ahli, batuan beku dapat dikategorikan menjadi 3 yakni batuan beku tubir/dalam, batuan beku luar, dan batuan beku korok/gang.

Mengenal Jenis-Jenis Batuan Beku


 Jenis-Jenis Batuan Beku
Batuan Beku

Sebelum mengulas lebih jauh tentang ciri-ciri batuan beku korok, ada baiknya apabila Anda memahami perbedaan antara ketiga batuan tersebut. Batuan beku dalam terbentuk sangat jauh di bawah permukaan bumi dan terdiri dari kristal. Hal ini karena proses pembentukan batuan beku dalam terjadi sangat lambat namun dengan jumlah besar. Contoh batuan beku dalam adalah batu granit.

Batuan beku luar merupakan batuan yang terbentuk dari proses pembekuan magma di luar permukaan bumi sehingga temperaturnya menurun secara drastis. Dalam proses tersebut, beragam zat serta magma akan membentuk kristal-kristal kecil. Bahkan ada juga batuan beku luar yang tak memiliki bentuk kristal sama sekali. Contoh batuan beku luar adalah batu apung.

Sedangkan batuan beku gang atau yang juga disebut dengan batuan korok adalah batuan yang terbentuk dalam celah-celah atau gang yang letaknya tidak begitu jauh dari permukaan tanah. Karena proses terbentuknya dekat dengan permukaan tanah, maka pendinginan batuan ini terbilang cepat. Hal tersebut menyebabkan batuan korok memiliki kristal-kristal berukuran besar meskipun ada juga yang hanya terdiri dari kristal kecil bahkan tidak mengkristal sama sekali. Contoh batuan beku korok adalah porfiri granit, porfiri gabro, dan porfiri diorit.

Ciri-Ciri Batuan Beku

Secara garis besar, terdapat beberapa ciri khusus yang membedakan antara batuan beku dan batuan lainnya. Adapun ciri utama batuan beku adalah sebagai berikut:
  1. Memiliki bentuk fisik yang sangat keras dan padat atau solid.
  2. Umumnya terdiri dari zat homogen.
  3. Tidak ditemukan pelapisan atau stratifikasi pada badan batuan beku meskipun ada beberapa jenis batuan beku dalam yang memiliki lapisan yang tidak begitu nampak. Hal ini dipengaruhi oleh cepat atau tidaknya kristalisasi yang terjadi pada magma.
  4. Sebagian besar batuan beku tidak mengandung fosil kecuali magma yang mengalami kristalisasi tertimbun materi piroklastik seperti abu vulkanis.

Itulah beberapa ciri khusus yang hanya dimiliki oleh batuan beku. Sekedar informasi, sekitar 90 persen permukaan bumi disusun oleh batuan beku dan batuan metamorf. Dua jenis batuan tersebut memiiki peran yang sangat penting karena memberikan kontribusi selama mengembalikan siklus mineral tanah. Tak hanya itu saja, batuan beku dan batuan metamorf juga mengontrol komposisi mantel bumi, mengubah kondisi tekanan, dan menstabilkan suhu permukaan bumi.

Ciri-Ciri Khusus Batuan Beku Korok

Setelah mengetahui ciri umum batuan beku, kini saatnya mengulas lebih jauh tentang ciri batuan beku korok. Seperti yang dijelaskan di atas, batuan beku korok terbentuk tidak jauh dari permukaan tanah yang berkontribusi dalam membentuk batuan beku ini. Adapun ciri-ciri yang dimiliki oleh batuan beku korok adalah:

Tersusun dari Kristal-Kristal Halus
Ciri pertama batuan beku korok adalah tersusun dari kristal halus di dalamnya. Kristal tersebut terbentuk dari proses pendinginan magma yang lebih cepat jika dibandingkan dengan batuan beku dalam. Salah satu hal yang membuat batuan beku korok memiliki kristal halus adalah karena pendinginan magma yang relatif cepat. Meski demikian, ada pula batuan beku korok yang terdiri dari kristal kasar atau porfiri.

Hanya Mengandung Sedikit Butiran Gas
Ciri batuan beku korok yang selanjutnya adalah terdapat sedikit kandungan gas di dalamnya. Masih berkaitan dengan tempat terbentuknya batuan beku ini, yakni di dekat permukaan tanah, maka gas-gas yang terkandung di dalam tanah kemungkinan akan ikut terjebak selama kristalisasi magma berlangsung. Hal inilah yang menyebabkan terdapat kandungan gas pada batuan beku korok.

Memiliki Butiran Sedang
Ciri terakhir dari batuan beku korok adalah butiran-butiran yang terdapat pada batu berukuran sedang. Hal ini karena selain magma, ada batuan lain atau tanah yang ikut terbentuk. Di samping itu, gas yang terjebak dalam batuan korok juga memiliki peran yang cukup besar dalam memunculkan butiran-butiran sedang pada batuan korok.

Dengan melihat ciri-ciri di atas, Anda dapat membedakan antara batuan beku satu dan lainnya. Semoga ulasan mengenai ciri batuan beku korok di atas bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ciri Batuan Beku Korok dan Proses Terbentuknya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel