Fungsi Lapisan Ozon untuk Kehidupan Manusia di Bumi

Fungsi lapisan ozon sejatinya sangat banyak bagi kelangsungan hidup manusia di bumi. Meskipun sejatinya ozon adalah jenis gas beracun yang apabila berada di dekat permukaan bumi, akan sangat berbahaya manusia karena dapat merusak fungsi paru-paru. Parahnya, tak sedikit perusahaan-perusahaan industri yang membuang gas ozon yang secara tak langsung telah diciptakan dari pencemaran udara.

Di bumi sendiri, gas ozon terdapat pada lapisan troposfer yang akan membentuk sebuah asap beracun. Semakin banyak kandungan ozon pada lapisan troposfer, maka kemungkinan manusia untuk mengalami keracunan dan kerusakan paru-paru pun akan semakin besar. Oleh karena itu, letak gas ozon idealnya harus berada jauh di atas permukaan tanah.

Kandungan gas ozon yang terdapat pada lapisan troposfer adalah 10% saja. Sedangkan kandungan gas ozon terbesar, yakni sekitar 90%, berada pada lapisan stratosfer yang jaraknya sekitar 12 – 30 mil atau 19 – 48 km. Lapisan ozon yang terdapat pada lapisan stratosfer, fungsinya adalah untuk menghangatkan bumi dengan mencegah energi panas yang sampai pada permukaan bumi agar tidak kembali terpantul ke luar angkasa.

Lapisan-Atmosfer
Posisi Lapisan Ozon pada Troposfer.

Secara umum, fungsi lapisan ozon adalah melindungi manusia dari pancaran sinar matahari yang mengandung ultraviolet sebagai penyebab kanker. Hal ini karena ozon berperan sebagai tabir surya bumi yang dapat menyerap hingga 98% sinar UV dari matahari. Selain itu, masih banyak fungsi-fungsi lain yang dimiliki oleh lapisan ozon untuk manusia, di antaranya adalah:

Fungsi dari Lapisan Ozon untuk Kesehatan Manusia

Bagi kesehatan manusia, lapisan ozon memiliki beberapa fungsi, seperti:

1. Mencegah Kanker Kulit
Seperti yang dijelaskan di atas, lapisan ozon memiliki peran melindungi manusia terhadap pancaran sinar UV yang dapat memicu penyakit kanker kulit. Meski demikian, hal yang perlu Anda ingat adalah lapisan ozon hanya dapat menahan sekitar 90% radiasi sinar UB, baik UV-A ataupun UV-B. Dengan kata lain, masih ada celah atau kemungkinan sinar tersebut dapat mengenai kulit manusia dan berkembang menjadi kanker kulit. Oleh karena itu, disarankan bagi manusia untuk selalu menggunakan krim tabir surya agar meminimalisir risiko terkena sinar UV.

2. Mencegah Katarak
Fungsi lain dari lapisan ozon adalah mencegah munculnya penyakit yang berhubungan dengan kesehatan mata, yakni katarak. Tanpa adanya lapisan ozon yang terdapat di atmosfer, kemungkinan besar manusia akan mengalami gangguan penglihatan karena cahaya yang dihasilkan dari sinar tersebut sangat silau.

Hal ini karena radiasi yang dihasilkan dari sinar ultra violet terbilang sangat berbahaya apabila langsung mengenai mata. Dengan radiasi tersebut, maka pada bagian mata akan muncul semacam bercak putih tanda-tanda katarak. Ibarat kaca putih yang terkena percikan cat putih, maka pandangan mata pun tidak akan jelas dan hal tersebut akan sangat menganggu.

3. Mencegah Kerusakan Lingkungan
Tak hanya berbahaya untuk manusia, sinar ultraviolet yang langsung menerpa permukaan bumi juga menyebabkan berbagai permasalahan pada lingkungan tempat hidup manusia. Dampak negatif tersebut akan dialami oleh organisme bersel satu, tumbuhan-tumbuhan, serta ekosistem perairan.

Fungsi dari Lapisan Ozon dalam Bidang Industri

Selain untuk kesehatan manusia, ternyata lapisan ozon juga mengambil peran tersendiri pada perusahaan-perusahaan di bidang industri. Apa saja fungsinya? Penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Membesihkan Air Tercemar
Salah satu fungsi lapisan ozon di bidang industri adalah sebagai media untuk membersihkan air tercemar. Dalam hal ini, lapisan ozon berperan dalam membantu proses flokulasi sehingga dapat menyaring serta menghilangkan kandungan arsenik dan besi dari air. Dengan begitu, maka air di sekitar perusahaan industri tak akan tercemar oleh kandungan-kandungan berbahaya seperti racun hingga serpihan-sepihan logam yang terdapat di dalam air.

2. Pembuatan Anti Septik
Untuk perusahaan obat-obatan, gas ozon juga berguna sebagai pengusir kuman sebelum proses produksi obat anti septik. Tanpa adanya kuman jahat dalam obat anti septik tersebut, maka kinerja obat tersebut dapat berjalan secara optimal tanpa menyebabkan dampak berbahaya lain bagi tubuh.

3. Membantu Mewarnai Plastik
Fungsi selanjutnya, gas ozon dapat digunakan untuk memberikan warna pada plastik. Dengan memanfaatkan gas ozon, maka warna pada plastik akan lebih merata. Selain itu, biaya produksi plastik juga dapat ditekan.

Itulah beberapa fungsi dari lapisan ozon di permukaan bumi. Dengan ulasan di atas, Anda dapat mengerti betapa pengtingnya fungsi lapisan ozon untuk kehidupan semua makhuk di bumi, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Fungsi Lapisan Ozon untuk Kehidupan Manusia di Bumi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel