Karakteristik Lapisan Atmosfer yang Menyelimuti Bumi

Karakteristik lapisan atmosfer – Atmofer merupakan selimut berupa gas yang menyelubungi seluruh bagian planet, salah satunya adalah planet bumi. Hal ini karena setiap planet memiliki lapisan atmosfer yang berbeda-beda melihat kandungan gas yang terbentuk di dalamnya. Atmosfer yang menyelubungi planet bumi memiliki lapisan-lapisan yang sangat tebal dengan jarak yang berbeda-beda, mulai dari ratusan hingga ribuan kilo meter dari permukaan tanah.

Kandungan Gas yang Terdapat pada Atmosfer

Pada planet bumi, ketebalan yang dimiliki oleh atmosfer dapat mencapai 1.000 kilometer di atas permukaan bumi. Gas yang membentuk atmosfer di bumi terdiri dari beragam kandungan, yakni Oksigen (21%), Nitrogen (78%), Karbon Dioksida (0,03%), Argon (0,9%), dan sisanya terdiri dari Neon, Crypton, Uap Air, Ozon, Kalium, dan Hidrogen (0,07%).

Fungsi dan Manfaat Atmosfer di Bumi


Karakteristik Lapisan Atmosfer yang Menyelimuti Bumi
Karakteristik Lapisan Atmosphere

Sebagai lapisan gas yang menyelubungi planet bumi, terdapat beberapa fungsi serta manfaat yang dimiliki oleh atmosfer. Di antaranya adalah sebagai berikut:
  • Melindungi bumi dari paparan sinar ultraviolet yang datang langsung dari cahaya matahari. Setidaknya lapisan-lapisan atmosfer dapat menahan sekitar 90% sinar ultraviolet dari matahari. Dengan begitu, bumi beserta isinya tidak akan mengalami hal yang berbahaya bagi kesehatan.
  • Atmosfer mengandung berbagai macam zat yang dibutuhkan oleh semua makhluk biotik dan abiotik di bumi sehingga tetap dapat bertahan hidup.
  • Melindungi planet bumi dari berbagai benda luar angkasa yang mungkin saja jatuh ke bumi karena gaya gravitasi. Pada lapisan-lapisan atmosfer tersebut, benda luar angkasa seperti meteor dapat dibakar habis sebelum menyentuh permukaan bumi.

Lapisan Atmosfer di Bumi dan Karakteristiknya


lapisan-lapisan atmosfer
Gambar Lapisan Atmosfer Bumi.

Secara garis besar, atmosfer di bumi memiliki beberapa lapisan seperti troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, dan eksosfer. Adapun pengertian serta karakteristik lapisan atmosfer tersebut adalah sebagai berikut:

1. Lapisan Troposfer
Troposfer merupakan lapisan paling bawah atmosfer bumi. Pada lapisan inilah manusia serta makhluk lain di bumi dapat bernapas dan bertahan hidup. Selain itu, pada lapisan troposfer, siklus hidrologi serta berbagai fenomena alam terjadi. Lapisan ini mengandung kabon dioksida serta uap air yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan lapisan atmosfer yang lainnya.

Umumnya, lapisan troposfer mempunyai radius ketinggian hingga 10 km dari permukaan bumi. Meski demikian, pada daerah kutub, ketinggian lapisan troposfer hanya 6 km saja. Perbedaan ketinggian tersebut dipengaruhi oleh rotasi bumi.

2. Lapisan Stratosfer
Stratosfer merupakan lapisan atmosfer yang letaknya di atas troposfer. Lapisan ini memiliki suhu yang lebih rendah dan menjadi tempat gas ozon yang berguna untuk melindungi bumi dari sinar ultraviolet. Karakteristik dari lapisan atmosfer ini adalah ketinggiannya yang mencapai radius 10 km hingga 50 km di atas permukaan bumi.

3. Lapisan Mesosfer
Di atas stratosfer, terdapat mesosfer yang memiliki ketinggian mulai dari 50 km hingga 80 km. Pada lapisan ini, suhu udara menjadi cukup tidak stabil karena jarak 100 meter, suhu udara di mesosfer akan turun sebesar 0,4 derajat Celcius. Dengan kata lain, bagian puncak lapisan memosfer bersuhu -120 derajat Celcuis. Karakteristik yang dimiliki oleh lapisan ini adalah rendahnya suhu udara yang mampu membakar habis meteor atau benda-benda luar angkasa yang jatuh dari langit.

4. Lapisan Termosfer
Termosfer atau yang juga dikenal sebagai lapisan ionosfer merupakan lapisan dimana aurora kerap kali muncul saat petang atau pajar di bagian kutub. Lapisan ini dimanfaatkan oleh manusia dalam memantulkan gelombang elektromagnetik seperti radio, baik berupa gelombang pendek ataupun gelombang panjang. Lapisan atmosfer ini memiliki jarak ketinggian sekitar 80 km hingga 375 km dari permukaan bumi.

5. Lapisan Eksosfer
Eksosfer merupakan lapisan dimana terjadi gerakan-gerakan atom yang tak beraturan di dalamnya. Di antaranya lapisan atmosfer sebelumnya, eksosfer memiliki suhu yang paling panas. Selain itu, udara dari bumi tidak akan mampu mencapai lapisan ini. Tak heran apabila eskosfer dianggap sebagai lapisan ruang dan waktu antar geostasioner dan planet.

Dengan suhu tinggi yang dimiliki oleh eksosfer, semua meteor yang tertarik gravitasi bumi akan mulai dihancurkan menjadi serpihan-serpihan. Selanjutnya, serpihan meteor yang masih tersisa akan kembali dihancurkan oleh lapisan mesosfer sehingga tidak sampai jatuh ke bumi. Jarak ketinggian antara lapisan eksosfer dari permukaan bumi adalah sekitar 375 km hingga 1000 km. Suhu yang dimiliki oleh lapisan ini mencapai 2.200 derajat Celcius.

Itulah sedikit ulasan mengenai karakteristik lapisan atmosfer, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Karakteristik Lapisan Atmosfer yang Menyelimuti Bumi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel