Pola Aliran Rectangular dan Karakteristiknya

Pola Aliran Rectangular – Seiring berjalannya waktu, sistem jaringan pada sebuah sungai akan membentuk pola aliran tertentu di bagian saluran utama dengan cabang sungai. Pembentukan pola aliran sungai tersebut ditentukan oleh faktor geologi serta kondisi lain di sekitar aliran sungai.

Jenis-Jenis Pola Aliran Sungai



Macam Pola Aliran Sungai
Pola Aliran Sungai

Setidaknya terdapat 7 pola aliran sungai yang diketahui hingga saat ini. Adapun pola aliran sungai tersebut adalah sebagai berikut:

1. Pola Aliran Sungai Dendritik
Merupakan pola aliran sungai yang bentuknya seperti pohon dengan badan sungai utama serta cabang dan anak sungai yang memiliki arah tak beraturan.

2. Pola Aliran Sungai Radial
Merupakan pola aliran sungai yang bentuknya memusat atau menyebar dengan satu titik pusat yang dipengaruhi oleh kemiringan permukaan tanah yang dilaluinya, dalam hal ini adalah lereng. Pola aliran ini dibagi menjadi 2 yakni tipe sentrifugal yakni arah pengalirannya menyebar dari sebuah titik pusat. Tipe kedua adalah sentripetal yakni pengalirannya memusat pada satu titik dari segala arah.

3. Pola Aliran Sungai Rectangular
Merupakan pola aliran sungai dimana anak sungai membentuk sudut tegak lurus dari aliran utamanya. Umumnya pola aliran rectangular terdapat di daerah patahan dengan sistem yang teratur.

4. Pola Aliran Sungai Trellis
Merupakan pola aliran sungai yang bentuknya seperti daun dengan cabang dan anak sungai yang letaknya sejajar. Aliran utama pada sungai ini umumnya terbentuk dari batuan sedimen yang memiliki resistensi rendah dan tinggi.

5. Pola Aliran Sungai Parallel
Merupakan pola aliran sungai yang letaknya sejajar dengan arah aliran sungai utamanya. Pola aliran sungai ini dapat dijumpai di daerah lereng bukit dengan kemiringan yang nyata serta berkembang pada batuan dengan tekstur homogen dan halus.

6. Pola Aliran Sungai Annular
Merupakan pola aliran dimana sungai pusat atau anak sungainya menyebar dengan bentuk melingkar. Pola aliran ini dapat dijumpai di daerah kubah.

7. Pola Aliran Sungai Multi-Basinal
Merupakan pola aliran sungai yang tidak sempurna dan sering disebut sebagai aliran sungai bawah tanah. Pola aliran sungai yang satu ini terkadang nampak dan terkadang tidak nampak di permukaan bumi. umumnya pola aliran sungai ini terbentuk di daerah yang penuh dengan karst atau batu gamping.

Itulah beberapa jenis pola aliran sungai yang dikenal hingga saat ini. Semua pola aliran sungai di atas dapat ditemukan tergantung permukaan bumi serta posisi sungai pusat yang berfungsi sebagai sumber aliran air.

Karakteristik Pola Aliran Sungai Rectangular



Aliran Sungai Rectangular
Aliran Sungai Rectangular
Setelah mengetahui tentang beberapa pola aliran sungai secara garis besar, kini saatnya mengulas lebih detail dengan pola aliran rectangular. Pada umumnya pola aliran sungai rectangular berkembang di batuan yang memiliki resistensi tinggi terhadap erosinya. Meski demikian, pada pola aliran sungai rectangular, kekar memiliki 2 arah yang masing-masing memiliki sudut tegak lurus.

Kekar merupakan rekahan yang umumnya tidak begitu resisten terhadap erosi sehingga air yang mengalir di dan berkembang dari bagian rekahan tersebut membentuk sebuah pola aliran tertentu yang akan mengikuti rekahan. Jika pola aliran sungai terkonsentrasi pada tempat dimana ada batuan lunak, maka pola aliran sungai rectangular akan berbentuk sudut tumpul. Inilah yang membuat pola aliran sungai rectangular senantiasa dipengaruhi oleh adanya struktur geologi berupa kekar atau rekahan dan sesar atau patahan.

Apabila diperhatikan, pola aliran sungai rectangular akan lebih mudah ditemui di wilayah-wilayah yang terpatahkan atau tersesarkan. Pada wilayah tersebut, anak sungai yang mengalir dari pusat sungai utama akan membentuk sudut tumpul. Meski demikian, terkadang pola aliran sungai rectangular juga dapat membentuk sudut yang cukup tajam tergantung seberapa tegak lurus wilayah yang dilewati olah aliran rectangular.

Demikian sedikit ulasan tentang pola aliran sungai rectangular. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa pola aliran sungai recatangular merupakan aliran sungai yang dikontrol atau dikendalikan oleh struktur geologi seperti sesar/patahan dan kekar/rekahan. Ciri utama yang dimiliki oleh pola aliran sungai rectangular adalah semua saluran atau anak cabang air akan bergerak mengikuti pola yang dibentuk dari patahan dan kekar permukaan bumi. Semoga ulasan mengenai pola aliran rectangular pada kesempatan kali ini dapat memberikan manfaat bagi Anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pola Aliran Rectangular dan Karakteristiknya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel