Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui beserta Contohnya

Jenis-Jenis Sumber Daya Alam

Secara garis besar, sumber daya alam yang terdapat di bumi dapat dikategorikan menjadi dua yakni sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Sumber daya alam yang dapat diperbarui merupakan jenis sumber alam yang dapat diproduksi dalam jangka waktu cepat dan biasanya berupa sumber daya yang dihasilkan secara alami seperti angin, air, tanah, dan sebagainya. Sedangkan sumber daya alam yang tak dapat diperbarui merupakan sumber daya alam yang membutuhkan jangka waktu sangat lama agar dapat diproduksi kembali, baik secara alami maupun dengan bantuan manusia.

Contoh-Contoh Sumber Daya Alam yang Tak Dapat Diperbaharui

Kedua jenis sumber daya tersebut memiliki andil dan peran yang sangat besar bagi keberlangsungan kehidupan manusia di muka bumi. Untuk dapat menjaga sumber daya alam yang tak dapat diperbarui, maka manusia harus dapat memproduksi alternatif lain dari sumber daya alam tersebut. Contohnya adalah ketika cadangan bahan bakar bensin menipis, maka manusia memproduksi bahan bakar lain seperti biogas.

Bagi Anda yang penasaran dengan apa saja contoh sumber daya alam yang tak dapat diperbarui, simak ulasan berikut:

Minyak Bumi

Minyak bumi termasuk dalam kategori sumber daya alam yang tak dapat diperbarui. Jenis sumber daya alami ini memiliki peran yang sangat penting bagi manusia untuk dimanfaatkan dalam mencukupi semua kebutuhan-kebutuhan serta aktivitas harian manusia.

Hasil olahan dari minyak bumi tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit energi yang paling banyak digunakan hingga saat ini. Contoh dari hasil olahan minyak bumi adalah untuk menyalakan listrik, mesin-mesin pada pabrik, kendaraan bermotor, dan lain sebagainya. Minyak bumi memiliki jumlah yang sangat terbatas dan tak dapat diperbarui, karena terbentuk dari endapan-endapan mikro organisme di zaman purba. Waktu yang dibutuhkan dalam proses pembentukan minyak bumi berlangsung selama ribuan hingga jutaan tahun lamanya.

Gas Bumi

Indonesia adalah salah satu dari negara yang memiliki potensi gas bumi yang sangat melimpah. Biasanya, sumber gas bumi tersebut terletak sama dengan sumber minyak bumi. Selain itu, kegunaan gas bumi juga hampir sama dengan minyak bumi, yakni sebagai penyedia utama energi untuk penggerak mesin dan sebagainya. Contoh penggunaan gas bumi yakni untuk bahan bakar memasak, menyalakan listrik, ataupun bahan bakar sebagai penggerak mesin.

Sumber Daya Alam yang Tak Dapat Diperbarui
Sumber daya alam tidak dapat diperharui

Dalam rangka menjaga ketersediaan gas bumi, manusia mengambil peran yang sangat besar dalam memproduksi sumber daya alternatif agar jumlahnya tetap terjaga mengingat proses produksinya yang sangat lama.

Emas

Contoh lain dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah emas. Emas merupakan logam mulia yang termasuk dalam jenis batuan alam. Alasan mengapa emas menjadi sumber daya yang tak dapat diperbarui adalah karena terbentuknya emas dari batuan-batuan alam. Dengan kata lain, jumlah emas sangat terbatas karena proses alami yang berlangsung di dalam perut bumi. Umumnya, emas digunakan sebagai alat pembayaran atau dalam bentuk perhiasan.

Menurut data yang BCC, saat ini hanya terdapat sekitar 52.000 ton emas saja yang tersedia di bumi. Hal ini dipengaruhi oleh banyaknya aktivitas penambangan logam mulia ini yang semakin masif. Dengan begitu, sebagai manusia kita ahrus lebih bijak dalam merawat sumber daya alam yang tak dapat diperbarui ini.

Batubara

Batubara tidak masuk dalam kategori butuan mineral. Hal ini karena pada prosesnya, batubara terbentuk dari pelapukan dan pembusukan bagian-bagian tumbuhan yang mudah terbakar. Sisa tumbuhan yang mengalami pembusukan akan membentuk gambut lalu terakumulasi dan mengendap di suatu tempat. Karena terdapat tekanan yang dihasilkan dari gerakan tanah ataupun penimbunan material lainnya, maka kumpulan gambut tersebut beruah menjadi batubara.

Hingga saat ini, batubara digunakan sebagai salah satu sumber energi, misalnya pada kapal laut ataupun kereta api. Pasalnya batubara memiliki kandungan karbon dengan prosentase yang cukup tinggi di dalamnya. Kandungan karbon tersebut kemudian diolah oleh manusia untuk dijadikan sebagai sumber energi penggerak.

Tembaga

Selain emas, tembaga juga masuk dalam kategori logam yang banyak dimanfaatkan oleh manusia misalnya sebagai kabel, sakelar, tabung microwave, dan lain sebagainya. Hal ini karena tembaga memiliki sifat yang sangat baik sebagai penghantar listrik sehingga penggunaan terbesar sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui ada di bidang kelistrikan. Di Indonesia sendiri, sumber daya alam tembaga dapat dengan mudah dijumpai di wilayah Jawa Barat, Papua, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Utara.

Intan

Batu mulia yang juga memiliki harga tinggi selain emas adalah intan. Bahkan dapat dikatakan intan merupakan batuan mulia yang memiliki nilai jual tinggi. Tak hanya itu saja, intan juga termasuk batuan mulia yang paling keras di dunia karena dapat digunakan untuk memotong marmer ataupun kaca. Selain itu, umumnya intan dimanfaatkan sebagai perhiasan karena bentuknya yang sangat indah. Di Indonesia, sumber daya alam berupa intan tersebar luas di pulau Kalimantan.

Itulah beberapa contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui beserta Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel