Tenaga Endogen: Proses Terjadi dan Macam-Macamnya

Tenaga endogen merupakan salah satu jenis tenaga yang asalnya dari dalam bumi yang kemudian menyebabkan terjadinya perubahan pada kerak bumi atau kulit bumi. Ciri khas yang dimiliki oleh endogen adalah memiliki sifat membentuk permukaan tanah atau bumi menjadi tidak rata. Jadi misalnya pada daerah yang awalnya memiliki permukaan rata, kemudian menjadi bergelombang disebabkan karena endogen. Contoh dari hasil perubahan permukaan bumi akibat endogen adalah bukit, pegunungan, dan gunung.

Meski demikian, endogen tak hanya dapat mengakibatkan permukaan rata menjadi cembung namun juga cekung. Hal ini dipengaruhi oleh tekanan dari tenaga tersebut yang terkumpul menjadi satu sehingga menimpulkan bentuk cembung di salah satu permukaan dan memunculkan cekungan di sisi permukaan yang lainnya.

Macam-Macam Tenaga Endogen

Seperti yang dijelaskan di atas, endogen merupakan tenaga yang berasal dari dalam bumi. Sumber tenaga ini adalah magma yang bersifat kontruksif atau membangun. Adapun macam-macam tenaga endogen adalah sebagai berikut:

Vulkanisme


Vulkanisme
Vulkanisme

Jenis endogen yang pertama adalah vulkanisme yang berkaitan erat dengan pergerakan magma di dalam perut bumi. Vulkanisme sendiri merupakan sebuah peristiwa yang terjadi ketika magma keluar dari dalam bumi melalui retakan-retakan yang telah tercipta sebelumnya. Magma yang telah keluar dan mencapai permukaan bumi disebut dengan lava.

Namun apabila magma telah mengalir, material-material magma disebut dengan lahar. Magma tersebut dapat bergerak naik karena memiliki tingkatan suhu yang sangat tinggi serta terdapat kandungan gas di dalamnya dengan energi yang cukup kuat sehingga mampu mendorong permukaan yang terdapat di atasnya. Dari aktivitas vulkanisme tersebut, dapat ditarik beberapa hasil seperti:
  • Efflata atau benda padat seperti kerikil, pasir, debu, batu apung, dan batuan-batuan berukuran besar. 
  • Efflusive atau benda cair seperti lahar panas, lava, dan juga lahar dingin. Seperti penjelasan di atas, lava merupakan magma yang telah mencapai permukaan bumi sedangkan lahar didefinisikan sebagai lava yang mengalir pada permukaan bumi.
  • Ekshalasi atau benda gas seperti fumarol, solfatar, dan motel. Fumarol merupakan uap panas. Solfatar adalah gas H2S atau Hidrogen Sulfida yang keluar dari lubang-lubang di sekitar gunung berapi. Sedangkan motel terdiri dari karbondioksida atau gas asam arang.

Tektonisme



Tektonisme
Tektonisme

Jenis tenaga endogen yang kedua yaitu tektonisme. Tektonisme sebenarnya cukup mirip dengan vulkanisme meskipun terdapat perbedaan mendasar antara keduanya. Tektonisme adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi berupa tekanan horizontal yang akhirnya menyebabkan perubahan letak atau dislokasi. Jenis endogen ini dapat dibedakan menjadi beberapa macam seperti:

Gerak Epirogenetik
Merupakan gerak pembentuk benua atau kontinen. Gerak epirogenetik mengakibatkan naik dan turunnya lapisan bumi akibat tenaga tektonik yang sifatnya lambat namun berlangsung cukup lama dengan lingkup daerah yang sangat luas.

Gerak epirogenetik dapat dibagi menjadi dua yakni epirogenetik negatif dan epirogenetik positif. Gerak epirogenetik negatif merupakan sebuah gerakan yang akan membuat lapisan bumi naik sehingga menyebabkan permukaan laut terlihat menurun. Sebaliknya, gerak epirogenetik positif merupakan gerakan yang membuat lapisan bumi turun sehingga permukaan air laut terlihat naik.

Gerak Orogenetik
Gerak orogenetik merupakan gerakan lempeng tektonik yang mencakup wilayah sempit dan terdapat di dalam bumi. Umumnya gerakan orogenetik diikuti dengan adanya proses warping atau pelengkungan serta lipatan karena tekanan tektonik dengan arah mendatar pada lapisan-lapisan batuan lentur. Kondisi tersebut akan menghasilkan pegunungan lipatan dan pegunungan patahan.

Gempa Bumi


Gempa bumi
Gempa Bumi Seisme

Jenis tenaga endogen yang berikutnya adalah gempa bumi. Gempa bumi merupakan bencana alam yang sering terjadi akibat terjadinya pergerakan di bawah tanah seperti pergeseran lempeng ataupun tabrakan antar lempeng. Di Indonesia sendiri, gempa bumi sering terjadi, baik itu gempa bumi yang lemah ataupun kuat. Gempa bumi dapat terjadi di daratan ataupun lautan. Pada kondisi tertentu, gempa bumi akibat retakan tanah di dasar laut dapat mengakibatkan munculnya tsunami.

Itulah sedikit penjelasan dari macam-macam endogen. Tiga jenis endogen di atas terjadi karena adanya kekuatan yang timbul dari dalam perut bumi dan dapat dirasakan oleh semua makhluk hidup di atas permukaan bumi karena memiliki tekanan yang sangat kuat. Semoga ulasan tentang tenaga endogen di atas bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tenaga Endogen: Proses Terjadi dan Macam-Macamnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel