7 Bentuk Relief Dasar Laut yang Harus Anda Ketahui

Relief dasar laut dapat diartikan sebagai sebuah bidang yang memiliki permukaan tidak merata, dalam hal ini lokasinya terdapat di dalam laut. Seperti halnya daratan, laut pun memiliki permukaan yang memiliki perbedaan tinggi dan rendah hingga kontur yang berbeda satu sama lain. Bahkan di bawah laut Anda dapat menemukan bentuk dataran rendah, dataran tinggi, lembah, gunung, dan lain sebagainya meskipun istilah penyebutannya berbeda.

Proses Terbentuknya Relief di Dasar Laut


 Relief di Dasar Laut
Relief Dasar Laut

Relief bawah laut memiliki bentuk yang sangat beragam. Perbedaan bentuk serta kontur tersebut tentu dipengaruhi oleh sebuah proses alami. Contohnya adalah munculnya gunung laut akibat proses vulkanisme dan munculnya retakan-retakan besar akibat pergeseran lempeng teknotik yang terletak di bawah samudra. Hal ini karena pergerakan lempeng tektonik akan memberikan pengaruh pada seluruh permukaan bumi, baik daratan ataupun lautan.

Bentuk Relief di Dasar Laut


Bentuk Relief di Dasar Laut
Bentuk Relief Dasar Laut

Seperti yang telah dijelaskan di atas, relief dasar laut memiliki beragam bentuk layaknya gunung hingga jurang di daratan. Adapun beberapa bentuk relief yang ada di dasar laut adalah sebagai berikut:

Gunung Laut

Bentuk relief bawah laut yang pertama yakni gunung laut. Seperti yang kita ketahui, gunung dapat diartikan sebagai sebuah tonjolan tinggi yang terdapat di permukaan bumi. Selain di daratan, lautan pun memiliki gunung yang berada di bagian dasar laut. Gunung yang letaknya di dasar laut pun dapat dibagi menjadi dua yakni gunung mati dan gunung api bawah laut.

Gunung api bawah laut merupakan sebuah gunung yang terbentuk akibat aktivitas vulkanisme. Letusan gunung api bawah laut dapat membawa dampak yang cukup besar hingga menimbulkan bencana alam seperti tsunami. Untuk gunung laut, ada yang memiliki puncak hingga menyentuh permukaan air namun ada pula yang puncaknya berada di bawah permukaan air.

Palung Laut

Palung laut merupakan salah satu relief di dasar laut dengan bentuk seperti jurang yang sempit, dalam, curam, serta gelap. Palung laut terkadang juga disebut sebagai trog. Umumnya, palung laut memiliki mulut yang lebar dan semakin jauh jaraknya di dasar laut, maka bentuknya akan semakin menyempit layaknya huruf ‘V’. Kedalaman palung laut dapat mencapai 10.000 meter.

Lubuk Laut

Basin atau lubuk laut merupakan relief bawah laut dengan bentuk cekungan besar yang menyerupai hufur ‘U’. Lubuk laut dan palung laut memiliki bentuk yang hampir sama. Hal yang membedakan adalah palung laut semakin dalam semakin menyempit sedangkan lubuk laut memiliki ukuran yang relatif konsisten baik pada bagian permukaan hingga dasar. Kedalaman lubuk laut dapat mencapai 6.200 meter.

Paparan Laut

Relief dasar laut selanjutnya adalah paparan laut. Paparan laut atau yang disebut dengan dangkalan laut merupakan sebuah wilayah di bagian dasar laut yang dangkal. Biasanya paparan laut merupakan dataran yang menghubungkan antara satu pulau dengan pulau lainnya. Munculnya paparan laut dapat dipengaruhi oleh menurunnya ketinggian tanah atau naiknya permukaan air laut. Kedalaman rata-rata paparan laut adalah 200 meter dengan lebar hingga 1.200 meter.

Punggung Laut

Merupakan dataran di bawah laut yang menjulang ke atas atau bisa disebut dengan perbukitan dasar laut. Hal yang perlu diingat, meskipun punggung laut merupakan dataran bawah laut yang menjulang ke atas, namun puncak dari punggung laut tidak akan mencapai bagian permukaan air.

Bentuk punggung laut terdapat di antara 2 lempeng yang menjauh satu sama lain. Dengan begitu, punggung laut memiliki lereng. Lereng landai pada punggung laut disebut dengan rise. Sedangkan lereng curam punggung laut disebut dengan ridge.

Ambang Laut

Relief di dasar laut yang berikutnya adalah ambang laut atau yang juga disebut dengan drempel. Ambang laut merupakan perbukitan di dasar laut yang letaknya berada di antara 2 laut dalam sehingga memisahkan perairan satu dengan perairan yang lainnya.

Ngarai Bawah Laut

Relief di dasar laut yang terakhir adalah ngarai bawah laut atau submarine canyon. Bentuk ngarai bawah laut adalah berupa lembah-lembah dan sungai seperti yang ada di daratan. Umumnya ngarai bawah laut terletak pada paparan benua dengan kedalaman sekitar 2.000 meter bawah permukaan air laut.

Dengan mengetahui tentang bentuk relief di dasar laut, maka manusia harus menyadari bahwa alam memiliki banyak sekali fenomena dan rahasia yang dapat dieksplorasi. Semoga ulasan tentang relief dasar laut di atas bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Bentuk Relief Dasar Laut yang Harus Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel