Daerah Penghasil Nikel di Indonesia Terpopuler

Daerah Penghasil Nikel

Indonesia adalah negara yang memiliki potensi sumber daya alam yang sangat banyak. Mineral dan batuan adalah SDA yang identik dengan Indonesia. Salah satu mineral yang banyak dihasilkan Indonesia adalah nikel. Daerah penghasil nikel di indonesia memang tergolong banyak. Jadi wajar saja jika banyak pengusaha tambang yang menjual nikel ke berbagai negara.

6 Daerah Penghasil Nikel di Indonesia
Nikel sendiri adalah sumber daya alam yang sangat banyak di Indonesia. Umumnya, daerah penghasil nikel ada di wilayah bagian timur, mulai dari Papua, Sulawesi, dan lain sebagainya. Di mata dunia, Indonesia terkenal dengan produk nikelnya yang berkualitas. Perlu Anda ketahui bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan hasil tambang nikel berkualitas yang paling besar di dunia. Filipina dan Indonesia berada di peringkat teratas sebagai penyedia produk nikel tertinggi. Meskipun keduanya adalah negara berkembang, faktanya banyak nikel dari Indonesia dan juga Filipina yang di ekspor ke berbagai negara. Yang menjadi pertanyaan adalah dimana saja daerah penghasil nikel di indonesia? Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

1. Morowali
Morowali yang terletak di provinsi Sulawesi Tengah adalah penghasil nikel yang cukup besar di Indonesia. Saking besarnya, pertambangan nikel di Morowali sempat diperebutkan oleh perusahaan tambang raksasa. Memang, banyak investor dari berbagai negara yang menunjukkan ketertarikannya dengan bisnis pertambangan nikel di Indonesia. Hal tersebut tentu saja karena cadangan nikel di tanah air yang sangat melimpah. Pertambangan nikel di Morowali ada di daerah Petasia Timur, Bahadopi, Petasia, Bungku Pesisir, Menui Kepulauan dan Bungku Timur.

2. Sorowako, Sulawesi Selatan
Daerah penghasil nikel di indonesia selanjutnya adalah Sorowako yang ada di provinsi Sulawesi Selatan. Daerah ini tidak hanya memiliki keindahan alam yang luar biasa, tapi juga terkenal dengan cadangan nikelnya yang tinggi. Kota ini memiliki area operasi sebuah perusahaan tambang nikel yang paling besar di dunia. Dari Makassar, Anda harus melakukan perjalanan selama 12 jam dengan naik bus sampai Sorowako.

3. Halmahera Timur di Maluku Utara
Maluku Utara adalah daerah yang dikenal sebagai salah satu penghasil nikel terbesar, tepatnya di Halmahera Timur. Area pertambangan ada di dua wilayah yakni Maba dan Wasile. Lokasi pertambangan tersebut adalah sumber utama penghasil nikel yang ada di Kepulauan Maluku.

4. Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan
Selain Sorowako, Luwu Timur adalah wilayah di Sulawesi Selatan yang kaya akan nikel. Luwu Timur sendiri sebenarnya adalah daerah pemekeran yang sebelumnya menyatu dengan luwu. Di Luwu Timur, tambang nikel bisa ditemukan di daerah Malili dan Nuha.

5. Kolaka Sulawesi Tenggara
Sulawesi memang memiliki banyak sekali spot pertambangan nikel dengan cadangan yang melimpah. Tidak terkecuali wilayah Kolaka yang masuk sebagai salah satu daerah penghasil nikel di indonesia. Tambang nikel di Kolaka ini bisa Anda jumpai di Latambaga dan Pomala.

6. Pulau GAG, Papua Barat
Pulau Gag memiliki pesona alam yang sangat indah. Hal inilah yang membuat banyak orang tertarik mengunjungi pulau ini. Tidak hanya itu, pulau yang ada di Raja Ampat Papua ini juga menyimpan hasil tambang nikel yang sangat banyak. Sehingga banyak investor yang ingin berbisnis tambang nikel di daerah ini.

Bisa dilihat bahwa sebagian besar, daerah penghasil nikel terbesar di Indonesia ada di Pulau Sulawesi, Maluku dan Papua. Sekian ulasan mengenai daerah penghasil nikel di indonesia, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Daerah Penghasil Nikel di Indonesia Terpopuler"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel