Daerah Penghasil Emas di Indonesia dengan Cadangan Melimpah

Emas adalah salah satu hasil pertambangan yang bernilai tinggi. Tidak mengherankan jika banyak orang dan perusahaan yang gencar menjalankan pertambangan emas di berbagai wilayah. Indonesia sendiri, terkenal dengan kekayaan SDA atau Sumber Daya Alamnya yang luar biasa melimpah. Salah satu SDA di tanah air yang banyak jumlahnya adalah emas. Perlu diketahui bahwa emas yang ditambang dari Indonesia terkenal dengan kualitasnya yang bagus. Hasil pengelolaan emas Indonesia sangat laris manis di pasaran dunia. Daerah penghasil emas di indonesia memiliki cadangan emas yang melimpah. Hal inilah yang membuat Indonesia dikenal sebagai negara penghasil emas paling besar kedua di dunia.

Daftar Daerah Penghasil Emas di Indonesia
Umumnya, daerah penghasil emas di indonesia tersebar di wilayah Pulau Sumatera hingga Pulau Papua. Namun ternyata, ada pula daerah di luar Sumatera dan Papua yang menjadi penghasil emas terbesar. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah beberapa daerah di Indonesia yang berperan dalam memasok kebutuhan emas di dunia.

1. Bengkalis, Provinsi Riau
Daerah penghasil emas di indonesia yang pertama adalah Bengkalis yang terletak di Provinsi Riau. Bengkalis adalah penghasil emas paling besar yang ada di Pulau Sumatra.

2. Daerah Cikotok, Banten
Tidak hanya terkenal dengan tembaganya, daerah Cikotok, Banten juga kaya akan emas. Perlu Anda ketahui bahwa wilayah penghasil emas yang paling besar kedua di Indonesia ada di daerah Cikotok. Cikotok awalnya masuk dalam bagian Provinsi Jawa Barat. Tapi kemudian keluar dan menjadi salah satu kota di Banten. Tambang emas Cikotok dimulai ketika ahli Geologi Belanda menemukan endapan batu bara dan emas di wilayah Cikotok, Cimandiri, Bayah, dan sekitarnya. Kemudian di tahun 1839, Belanda melakukan eksplorasi besar-besaran di wilayah Cikotok.

3. Daerah Mimika, Papua
Papua adalah daerah penghasil emas di indonesia. Hal inilah yang membuat lahan di Papua diperebutkan oleh para investor. Perusahaan pertambangan terbesar yang dikenal sampai dengan sekarang ini adalah Freeport Indonesia. Penambangan emas di Papua dilakukan di wilayah Kecamatan Tembagapura.

4. Martabe, Tapanuli Selatan
Di Indonesia bagian timur lainnya, terdapat salah satu penghasil emas terbesar di Tapanuli Selatan tepatnya daerah Martabe. Berdasarkan informasi yang ada penambangan di Martabe telah menghasilkan emas hingga 3 juta ons dan perak sebesar 32 juta ons sejak memulai produksi pada tahun 2013. Sampai dengan saat ini, banyak orang percaya bahwa tambang Martabe masih menyimpan emas 7.86 juta ons dan perak 73,48 juta ons.

5. Gosowong, Halmahera
Penambangan emas terbesar di tanah air selanjutnya ada di Gosowong, Halmahera. Produksi emas di kawasan ini sudah dikelola oleh BUMN secara langsung. Tak hanya emas, Gosowong juga kaya akan pertambangan perak. Selama 20 tahun berproduksi, daerah penghasil emas di indonesia ini diperkirakan telah menghasilkan biji emas sebanyak 20 juta ons dari dalam perut bumi.

6. Kapuas, Kalimantan Tengah
Selain identik dengan sungainya yang panjang, Kapuas ternyata juga memiliki tambang emas yang cukup besar. Tambang emas tersebut ada di desa terpencil bernama Pujon, Kecamatan Kapuas Tengah. Lokasi pertambangannya memang jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Selain beberapa daerah penghasil emas di indonesia yang diulas di atas, masih banyak tempat lain yang juga menjadi salah satu kawasan penghasil emas. Beberapa diantaranya adalah Malinau Kalimantan Timur, Monterado Kalimantan Barat, Logas Provinsi Riau, dan lain sebagainya.

Daerah Penghasil Emas di Indonesia dengan Cadangan Melimpah