Jelaskan Apa Pengertian Sungai ?

pengertian sungai
Pengertian Sungai - Sungai diartikan sebagai saluran air tawar alami yang luas yang mengalir ke lautan atau tubuh air besar yang lain dan umumnya dialiri oleh saluran yang lebih kecil, yang disebut sebagai anak sungai yang masuk di pada saluran utamanya. Sungai yang adalah aliran tubuh air memiliki sifat aktif dan terus berbeda sesuai saluran airnya.

Beberapa peralihan terkait dengan ruangan atau lokasi di sejauh sungai - peralihan ini memiliki sifat spasial. Beberapa peralihan terkait sama waktu, khususnya musim dalam satu tahun - peralihan ini memiliki sifat temporal. Beberapa peralihan terjadi secara mendadak, lainnya terjadi lebih setahap. Beberapa peralihan disebabkan karena manusia.

Sungai secara umum menurut para ahli geologi berawal dari satu sumber, satu titik yang bakal mengaliri lereng dan turun ke tubuh air yang semakin besar, seperti samudra, laut, atau danau besar. Gravitasi mainkan peranan penting dalam arahkan lajur saluran sungai. Dengan begitu, titik asal sungai ditaruh di titik paling tinggi dalam saluran air. Ini dikenal juga sebagai wilayah saluran sungai, tempat tanah darimanakah limpasan mengucur.

Curahan hujan atau presipitasi umumnya membawa air dengan jumlah besar yang membuat sungai-sungai di daratan yang lebih tinggi. Saat hujan lebat jatuh di tanah dengan kemiringan yang terjal atau telah jemu oleh air, maka limpasan air akan menumpuk di atas bumi dibandingkan yang terserap oleh tanah. Sebelumnya, air mengucur dalam lajur sempit yang disebutkan limpasan permukaan.

Sesudah jalan sesaat, air yang mengucur terus mengucur ke sungai-sungai kecil yang paralel. Saat anak sungai melalui tanah lembut atau lumpur, mereka mulai membuat aliran dangkal yang selekasnya akan tergabung membuat sungai. Salurannya tetap di mana ada tubuh air yang tetap mengucur, anak sungai. Pada akhirnya sungai-sungai tercipta saat anak-anak sungai mengucur bersama dengan stok air tanah menambahkan jumlah air yang dibawa.

Mayoritas sungai usai di tubuh air besar yang disebutkan muara. Di muaranya, umumnya ada delta sungai, wilayah yang luas dan berlumpur di mana sungai terdiri jadi banyak aliran berarus lamban yang mempunyai pinggiran berlumpur.

Sungai dan anak-anak sungainya membuat cengkungan drainase, atau DAS, yang kumpulkan limpasan di semua daerah dan salurkannya bersama dengan sedimen yang tergerus ke sungai. Sedimen umumnya diendapkan terbanyak di sejauh saluran sungai yang lebih rendah, membuat daratan banjir di sejauh tepiannya dan delta di mulutnya.

Sungai mengganti lanscape tempat mereka mengucur. Mereka menggantinya dengan erosi, transportasi dan endapan. Erosi terjadi saat air yang bergerak dalam sungai mengurangi atau hilangkan material seperti batu, tanah, vegetasi dari dasar dan pinggir sungai.

Material yang tergerus selanjutnya diangkut ke hulu. Proses ini disebut juga sebagai proses transportasi. Saat saluran air terlampau lamban saat air bergerak ke arah hulu, material yang diangkut akan diendapkan atau dijatuhkan. Ini dikenali sebagai proses endapan dan material yang diendapkan disebutkan sedimen.
LihatTutupKomentar